UNAIR Surabaya dan Universitas Hatyai Thailand Jajaki Kerjasama

448
Foto : Saat rombongan UNAIR Surabaya, Jawa Timur dan IAIN Manado, Sulawesi Utara, serta STAIN Sorong, Papua Barat, mengikuti Kunjungan Akademik di Universitas Hatyai, Provinsi Songkhla, Thailand.

Bengawanpost.com, Surabaya – Untuk mengenali isu-isu terkini tentang hubungan internasional, sebanyak 15 orang rombongan dosen dan mahasiswa dari Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya, Jawa Timur dan Pasca Sarjana IAIN Manado, Sulawesi Utara, serta STAIN Sorong, Papua Barat, mengikuti kegiatan kunjungan akademik di Universitas Hatyai, Provinsi Songkhla, Thailand, pada 27-28 September 2016.

Kegiatan yang diinisiasi / diprakarsai Prodi Magister Hubungan Internasional (HI) FISIP UNAIR Surabaya ini, diterima Wakil Presiden sekaligus Dekan Fakultas Ilmu Politik, Universitas Hatyai, Thailand, Dr. Niwat Sawatkaew. Sedang tujuannya sebagai upaya untuk memberikan dukungan kepada mahasiswa dalam penulisan tesis agar menjadi karya terbaiknya, sehingga dapat menyumbang bagi kemajuan akademik.

Ketua Departemen HI FISIP UNAIR, Dr. Muttaqien, selaku Ketua Rombongan menyampaikan, “Prakarsa ini untuk keperluan mahasiswa. Karena saat ini, tesis tidak lagi hanya sebagai persyaratan menyelesaikan pendidikan, namun harus menjadi salah satu sarana dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa, dan menyumbang bagi kepentingan publikasi akademik,” katanya usai kunjungannya, Sabtu (01/10/2016).

Lebih lanjut Dr. Muttaqien menegaskan, bahwa UNAIR melalui Jurusan HI, senantiasa berkomitmen meningkatkan kwalitas akademiknya. Sehingga, mahasiswa perlu dilatih untuk memiliki keterampilan, seperti pergaulan jaringan akademik internasional. Harapannya dengan kegiatan ini, menjadi salah satu pengalaman belajar mahasiswa, untuk menuju capaian pembelajaran yang dapat memenuhi tuntutan terkini.

Selain itu, Direktur Pasca Sarjana IAIN Manado, Dr. Rivai Bolotio, selaku Anggota Rombongan mengemukakan, bahwa dengan kegiatan ini diharapkan dapat mewujudkan interkoneksi antar universitas dalam menyambut ASEAN Community, juga menjadi langkah awal pembelajaran dan pemahaman tentang Asia Tenggara, serta usaha menambah karya bacaan hasil kajian yang ada dari perguruan tinggi lainnya.

Perlu diketahui, kegiatan ini merupakan juga usaha untuk menjajaki kemungkinan kerjasama yang dapat dijalin antara UNAIR Surabaya dengan Universitas Hatyai, Thailand. UNAIR dalam kesempatan itu menawarkan program beasiswa pendidikan, baik sarjana maupun magister bagi negara-negara sahabat yang disediakan universitas secara internal maupun dukungan Kementerian Luar Negeri RI. *[Is/Red]

LEAVE A REPLY