Tingkatkan Kemampuan, Kodim Bojonegoro Gelar Apel Danramil dan Babinsa

271
Foto : BPBD Kabupaten Bojonegoro saat memberikan materi dalam “Apel Danramil dan Babinsa Tersebar TA. 2017", di Gedung Ahmad Yani - Makodim 0813 Bojonegoro, Jawa Timur, Kamis (14/12/2017).

Bengawanpost.com, Bojonegoro – Sebanyak 345 Anggota Babinsa dan Danramil jajaran Kodim 0813 Bojonegoro mengikuti “Apel Danramil dan Babinsa Tersebar TA. 2017”, di Gedung Ahmad Yani – Makodim 0813 Bojonegoro, Jawa Timur, Kamis (14/12/2017).

Kegiatan yang dibuka langsung Dandim 0813 Bojonegoro,  Letkol Arh Redinal Dewanto ini bertema, “Melalui Apel Danramil dan Babinsa Tersebar TA 2015 , Kita Tingkatkan Kemampuan Aparat Komando Kewilayahan Dalam Rangka Menghadapi Permasalahan Di Wilayah Binaan Melalui Pelaksanaan Binter Untuk Mendukung Tugas Pokok TNI AD Kedepan”.

Dalam sambutannya, Dandim 0813 Bojonegoro, Letkol Arh Redinal Dewanto menyampaikan, bahwa  kegiatan yang dilaksanakan selama dua (2) hari ini, untuk menyegarkan kembali pengetahuan sebagai prajurit kewilayahan. Dengan materi 5 kemampuan teritorial, Sikap Teritorial, Ketatalaksanaan Binter, serta studi kasus.

“Ini upaya dari Komando Atas, dalam merefresh kembali tentang kemampuan dan pengetahuan untuk segenap Babinsa. DIharapkan para peserta mengikuti kegiatan ini dengan penuh semangat, motivasi yang tinggi, serta jadikan sebagai implementasi dan pembelajaran. Sehingga, kegiatan ini benar-benar memberikan manfaat untuk menunjang pelaksanaan tugas,” ujarnya.

Lebih lanjut Dandim menekankan, bahwa sebagai prajurit kewilayahan agar selalu berpegang teguh pada peraturan dalam melaksanakan tugas sehari-hari. Terlebih kedepan Kabupaten Bojonegoro akan menggelar event Pilkada 2018. Terkait hal ini, Kodim 0813 Bojonegoro beserta jajaran akan membackup rekan Polres untuk mensukseskan Pilkada yang aman dan kondusif.

Diungkapkannya, bahwa dirinya selalu menekankan tentang pentingnya menjaga Netralitas TNI dalam setiap event politik, artinya prajurit TNI tidak memilih dan mendukung salah satu kandidat calon dalam pelaksanaan Pilkada maupun Pemilu.

“Terkait Pilkada, tidak ada Prajurit Kodim 0813 Bojonegoro yang terpengaruh oleh ajakan salah satu kandidat, atau calon untuk memberikan dukungan. Tugas TNI adalah membeckup Kepolisian untuk pengamanan, agar dalam pelaksanaannya berjalan tertib dan aman,” tegas Letkol Arh Redinal Dewanto.

Foto : Dandim 0813 Bojonegoro, Letkol Arh Redinal Dewanto saat membuka “Apel Danramil dan Babinsa Tersebar TA. 2017″, di Gedung Ahmad Yani – Makodim 0813 Bojonegoro, Jawa Timur, Kamis (14/12/2017).

Dalam kegiatan tersebut hadir sebagai narasumber materi yaitu Pasi Puanter Korem 082/CPYJ, Mayor Inf Puguh Jatmiko. Materi yang disampaikan antara lain meliputi Sikap teritorial, 5 Kemampuan Teritorial, Metode binter, Penanganan terorisme, Membantu tugas daerah, dan Netralitas TNI.

“Diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan wawasan kepada Danramil dan Babinsa sebagai ujung tombak TNI AD dalam menyelesaikan permasalahan sosial yang aktual diwilayah dengan cepat, tepat dan kreatif mengaplikasikan Pembinaan Teritorial,” harapnya.

Mayor Inf Puguh Jatmiko menambahkan, bahwa kegiatan ini juga untuk meningkatkan pemahaman tentang aplikasi Binter dan permasalahan sosial sesuai tipologi yang menjadi tanggung jawabnya guna mendukung tugas pokok Kodim 0813 Bojonegoro.

Sementara itu, pada kegiatan ini diisi juga dengan materi-materi dari instansi terkait lainnya. Diantaranya dari perwakilan BPBD Kabupaten Bojonegoro yang memperagakan penanganan penanggulangan kebakaran dan banjir. Lalu dari Polres Bojonegoro membawakan materi KAMTIBMAS, dan Dinas Pertanian Bojonegoro tentang upaya peningkatan kualitas dan mutu pertanian. *[Bp]

LEAVE A REPLY