Tanamkan Jiwa Nasionalisme, Satgas TMMD Nobar G30S/PKI Bersama Warga Meduri

213
Foto : Suasana saat Satgas TMMD Ke- 100 Kodim 0813 Bojonegoro Nobar G30S/PKI, bersama masyarakat, di lapangan voli Dusun Pucanganom, Desa Meduri Kecamatan Margomulyo, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Sabtu (30/09/2017).

Bengawanpost.com, Bojonegoro – Pelaksanaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke- 100 Kodim 0813 Bojonegoro, dipusatkan di Desa Meduri, Kecamatan Margomulyo, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Ditengah kesibukannya kegiatan itu, bersama warga Desa Meduri Kecamatan Margomulyo Satgas TMMD ke- 100 menggelar Nonton Bareng (Nobar) film Pengkhianatan G30S/PKI, dilapangan voli Dusun Pucanganom.

Acara yang dihadiri sekira 300 warga dua Dusun, di Desa Meduri tersebut, dalam rangka upaya meningkatkan rasa nasionalisme. Panitia memfasilitasi acara itu dengan menyediakan layar lebar, untuk menanyangkan film yang berdurasi sekitar 3,5 jam tersebut.

Komandan SSK Satgas TMMD Ke- 100, Kapten Arm Sugiyono, mengatakan bahwa acara nobar dilakukan untuk menanamkan jiwa nasionalisme dan pendidikan sejarah bangsa di kalangan masyarakat, terutama bagi generasi muda.

“Tujuan pemutaran film ini adalah agar generasi tidak melupakan sejarah yang terjadi di Indonesia,” ungkap Kapten Arm Sugiyono.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Desa (Kades) Meduri, Hariyono mengatakan bahwa pemutaran film G-30S PKI tersebut, dengan harapan dapat mengingat kembali bahwa pernah ada peristiwa pemberontakan yang ingin mengganti ideologi Pancasila dengan ideologi komunis.

“Kita mencoba mengingatkan kembali kepada masyarakat, khususnya generasi muda akan sejarah kelam yang pernah terjadi di negara kita melalui nobar ini,” kata Kades Meduri, Hariyono.

Sementara itu, tampak terlihat warga dari dua Dusun yakni dari Dusun Pucanganom dan Dusun Kunir dengan antusiasme yang tinggi datang untuk menonton. Selain itu juga, beberapa penonton mengaku datang dari luar Desa Meduri. *[Bp]

LEAVE A REPLY