Sukseskan Gemarikan 2017, Kang Kuswiyanto Hadiri Festival Lele Bojonegoro

429
Foto : Bu Yoto selaku Ketua Forikan Bojonegoro sekaligus Ketua TP PKK Kabupaten Bojonegoro didampingi Anggota DPR RI, Kang Kuswiyanto, saat mencicipi masakan salah satu peserta lomba masak TP PKK Se- Bojonegoro, Senin (30/10/2017).

Bengawanpost.com, Bojonegoro – Guna mendukung program Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan), Anggota DPR RI sekaligus Bakal Calon Bupati (Bacabup) Bojonegoro, Kang Kuswiyanto turut hadiri Festival Lele Bojonegoro, di Balai Desa Ngumpakdalem, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Senin (30/10/2017).

Festival Lele yang dirangkai dengan lomba masak ikan oleh 28 stand Ibu – Ibu TP PKK Kecamatan Se- Bojonegoro ini, diresmikan Hj. Mafudhoh Suyuto (Bu Yoto) selaku Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Bojonegoro sekaligus Ketua TP PKK Kabupaten Bojonegoro.

“Kami harap melalui Festival Lele dapat meningkatkan minat masyarakat untuk gemar makan, dan dengan lomba masak ikan ini dapat menciptakan inovasi masakan ikan dan memunculkan wirausaha baru di bidang kuliner berbahan dasar ikan,” ujar Ketua Forikan Bojonegoro, Bu Yoto dalam sambutannya saat meresmikan Festival Lele ini.

Masih menurut Bu Yoto. Dirinya berterima kasih kepada semua fihak atas keberhasilan Forikan Bojonegoro menjadi juara II dalam lomba masak serba ikan untuk kategori makanan balita yang digelar oleh Forikan Jatim pada tahun 2017 ini. Selain itu, dirinya mengapresiasi peningkatan kosumsi dan produktifitas ikan yang sangat signifikan di Bojonegoro.

Sebelumnya, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Bojonegoro, Ardiyono Purwiyanto dalam laporannya menyampaikan, bahwa tingkat konsumsi ikan di Kabupaten Bojonegoro terus meningkat dari tahun ke tahun, dari sebelumnya hanya 15 kg per kapita/tahun meningkat menjadi 19, 27 Kg pada tahun 2017 ini.

“Alhamdulillah, seiring dengan meningkatnya kosumsi ikan oleh masyarakat Bojonegoro, pada saat ini produktifitas ikan juga meningkat, bahkan kita sudah kembangkan bibit ikan lele mutiara. Untuk itu, kami akan terus mendorong masyarakat memanfaatkan lahan kosongnya untuk budidaya ikan,” ungkap Ardiyono Purwiyanto.

Foto : Bu Yoto selaku Ketua Forikan Bojonegoro sekaligus Ketua TP PKK Kabupaten Bojonegoro bersama Anggota DPR RI, Kang Kuswiyanto dan rombongan saat menyambut kirab Gunungan Festival Lele Bojonegoro, di Balai Desa Ngumpakdalem, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Senin (30/10/2017).

Selanjutnya dalam kesempatan ini, para hadirin begitu antusias utuk merasakan aneka masakan serba ikan ini. Terlihat Bu Yoto dan rombongan berkenan mengunjungi 28 stand lomba masak TP PKK Se- Bojonegoro, dan juga ikut mencicipi gunungan ikan lele seberat 80 kg dengan jumlah 800 lele hasil budidaya masyarakat Desa Ngumpakdalem.

Sementara itu usai acara, Bacabup Bojonegoro, Kang Kuswiyanto saat ditanya media menyampaikan, bahwa mengonsumsi ikan memiliki pengaruh sangat baik bagi kecerdasan, terutama bagi anak-anak sebagai penerus bangsa, termasuk anak Indonesia. Apalagi dalam 1.000 hari pertama kehidupan anak, termasuk sejak masih dalam kandungan.

Untuk itu, lanjut Kang Kuswiyanto. Maka berbagai upaya yang telah dilakukan Pemkab Bojonegoro seperti Festival Lele Bojonegoro ini, perlu diapresiasi, dan didukung oleh seluruh komponen, baik masyarakat maupun pemerintah. Karena hal ini dapat meningkatkan konsumsi ikan masyarakat terutama bagi ibu-ibu sejak hamil hingga menyusui.

“Kandungan protein, omega 3, serta berbagai vitamin dalam ikan dapat meningkatkan kecerdasan otak, termasuk tumbuh kembang anak akan sangat baik bila rutin mengonsumsi ikan mulai dari usia 0-8 tahun. Karenanya, program Gemarikan di Bojonegoro ini harus ditingkatkan kesuksesannya agar Joss (Jonegoro Orangnya Sehat Sejahtera) Matoh,” tandas Kang Kuswiyanto.

Foto : Bu Yoto selaku Ketua Forikan Bojonegoro sekaligus Ketua TP PKK Kabupaten Bojonegoro dan Anggota DPR RI, Kang Kuswiyanto serta Kader TP PKK Desa Ngumpakdalem, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Senin (30/10/2017).

Perlu diketahui, dalam Festival Lele ini, dihadiri pula Muspika Dander yakni Camat Dander Nanik Lusetiyani, MM., Danramil 0813-05/Dander Kapten Inf Jamari, Kapolsek Dander. Dan juga para Kades, kader TP PKK Se- Bojonegoro, Para Tokoh, serta undangan lainnya. *[Bp]

LEAVE A REPLY