Sinergi Warga Samin Mewujudkan OGP

494
Foto : Banner Info APDES 2016 Margomulyo, Kecamatan Margomulyo, Kabupaten Bojonegoro.

Bengawanpost.com, Bojonegoro – Kepercayaan masyarakat baik kepada pemerintah Desa maupun pemerintah Kecamatan juga pemerintah Kabupaten, adalah kunci utama penggerak pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

Demikian pernyataan Camat Margomulyo, Arif Nanang S, SSTP., ketika dikonfirmasi media, Jumat (7/10/2016) pagi, tentang pelaksanaan Program Open Goverment Partnership (OGP) di Kecamatan Margomulyo, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

Lebih lanjut Camat Arif menjelaskan bahwa, pembangunan yang dijalankan di semua lini membutuhkan sinergi semua pihak, mulai pemerintah, komunitas atau lembaga sosial, cendekia serta segenap lapisan masyarakat umum maupun usaha.

“Sinergi semua pihak sebagai kekuatan dalam membangun harus di mulai dari adanya transparansi dan akuntabilitas. Sinerginya mulai dari perencanaan program pembangunan, pelaksanaan, sampai tahapan monitoring maupun evaluasi,” jelasnya.

Selain itu Camat menerangkan, bahwa semangat membangun bukan tanggungjawab satu pihak, dan dalam upaya meningkatkan peran serta kepedulian seluruh komponen inilah, maka pihaknya sengaja membuka informasi yang bisa diakses siapapun.

“Keterbukaan untuk mengetahui, dan terlibat secara aktif adalah hak seluruh masyarakat. Semoga ini, akan semakin meningkatkan kepedulian dan menumbuhkan ide kreatif dari segenap lapisan masyarakat dalam membangun desa,” terangnya.

Sementara itu, dalam mendukung OGP di Kecamatan Margomulyo, Camat Arif memaparkan salah satu bentuk membangun akuntabilitas yang kemudian harus terus digelorakan, yakni dengan memasang 2 Banner tempat-tempat strategis di wilayahnya,

“Kita pasang Banner mulai depan Balai Desa sampai dengan pasar, juga di ruang infomasi Desa, warung kopi dan rumah rumah penduduk, serta di masing-masing dusun yang tersebar di seluruh wilayah Kecamatan Margomulyo,” paparnya.

Perlu diketahui, Kecamatan Margomulyo sebagai wajah Kabupaten Bojonegoro di wilayah barat harus menunjukkan kemajuan disegala bidang, termasuk dengan transparansi/keterbukaan tata kelola keuangannya, itulah prinsip pokok OGP.

Menurut Camat, Margomulyo tak berbeda dengan wilayah yang dekat Ibukota Kabupaten. Karena Desa memiliki kekuatan yang luar biasa. Yakni dari para Warga Samin inilah, yang selama ini berusaha berperan aktif menyokong terwujudnya OGP.

“Memang kita berada di perbatasan, namun semangat membangun tak jauh beda dengan wilayah lainnya. Ini dilakukan demi mewujudkan pemerataan kesejahteraan dan pertumbuhan ekonomi di segala sisi,” pungkasnya. *[Bp]

LEAVE A REPLY