SIKAS Fasilitasi Pendirian Paguyuban Pedagang di Wisata Negeri Atas Angin

485

bengawanpost.com, Bojonegoro – Para pedagang yang berada di sekitar lokasi Wisata Negeri Atas Angin Desa Deling Kecamatan Sekar Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur mulai berbenah, seiring dengan ramainya pengunjung yang mulai berdatangan. Maka banyak pedagang yang mulai bermunculan, dengan membangun warung semi permanen. Dengan perkembangan tersebut, para pedagang menyadari perlu suatu wadah organisasi sebagai sarana untuk mengembangkan usaha, tempat tukar pengalaman dan sebagai sarana untuk memecahkan permasalahan.

Atas kondisi tersebut, menggugah LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat) SIKAS untuk ikut berkontribusi dengan memberikan pendampingan untuk mengembangkan usaha para pedagang di lokasi Wisata Negeri Atas Angin. “Dengan tertatanya para pedagang, semoga dapat menunjang dan meningkatkan potensi wisata serta dapat menarik pengunjung sebanyak-banyaknya. Dan kami akan memberikan pendampingan kepada Paguyuban Pedagang yang nanti terbentuk, dengan melakukan penguatan kelembagaan, manajemen usaha dan menciptakan peluang-peluang usaha sesuai dengan potensi lokal”. Kata Hijrotut tabi’ah perwakilan dari LSM SIKAS.

Akhirnya lewat musyawarah para pedagang negeri atas angin mendirikan “Paguyuban Pedagang Barokah Atas Aji” dengan ketua terpilihnya bapak suwoto. Saat bapak suwoto bertemu dengan bengawannews.com, mengungkapkan. “Sangat senang atas fasilitasi dan pendampingan yang telah dilakukan oleh LSM SIKAS. Dan berharap semoga dengan terbentuknya paguyuban ini bisa memajukan dan meningkatkan kesejahteraan para pedagang yang ada di lokasi wisata negeri atas angin”. Ungkap bapak suwoto.

Bapak suwoto juga menambahkan. “Untuk menindaklanjuti hal ini, program kerja kami adalah mengadakan pertemuan rutin setiap hari minggu, yang dirangkai dengan kegiatan arisan, serta juga disepakati adanya simpanan pokok sebesar Rp. 50.000,- dan simpanan wajib sebesar Rp. 5.000,- per bulan. Lalu dari modal swadaya tersebut, akan digunakan untuk tambahan permodalan anggota melalui usaha simpan pinjam. Selanjutnya kami juga berharap dukungan dari pemerintah, untuk memberdayakan para pedagang di lokasi wisata negeri atas anggin”. Tambah bapak suwoto.

Senada dengan bapak suwoto, yakni bapak didik kades deling sekar Bojonegoro, juga sangat senang dengan terbentuknya “Paguyuban Pedagang Barokah Atas Aji” di lokasi Wisata Negeri Atas Angin. ”Dengan semakin banyak pihak-pihak yang mendukung wisata ini, kami berharap Wisata Negeri Atas Angin ini semakin dikenal masyarakat luas dan menjadi icon Kabupaten Bojonegoro”. Tutur bapak didik kepada kami. [FR]

LEAVE A REPLY