Si Mokos Koramil Padangan Datang, Minat Baca Pelajar Terdongkrak

315
Foto : Para Babinsa Koramil 0813-11/Padangan, saat memotivasi minat baca siswa - siswi SD, Jum'at (16/03/2018).

Bengawanpost.com, Bojonegoro – Sarana Interaksi Motor Komunikasi Sosial atau lebih dikenal dengan sebutan Si Mokos hadir di Kecamatan Padangan, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

Adapun keberadaan Si Mokos ini dibawah kendali Koramil 0813-11/Padangan dan rencananya akan menyambangi sekolah – sekolah SD di Kecamatan tersebut selama seminggu.

Di hari pertama kedatangannya, Si Mokos Koramil 0813-11 Padangan menyambung SD Negeri 1 Nguken dan SD Negeri 2 Sidorejo. Lebih dari seratus siswa siswi dari kedua SD tersebut dengan antusias menyambut kedatangan Si Mokos dengan yel-yel mereka.

“Hadirnya Si Mokos ini merupakan bentuk kepedulian TNI AD dalam tugas pokoknya, yaitu melindungi segenap tumpah darah Indonesia, dengan kata lain mempersiapkan generasi muda sejak usia SD dengan mendongkrak minat baca mereka,” ujar Danramil 0813-11/Padangan, Kapten Inf Jayin, Jum’at (16/03/2018).

Sementara itu, Kepala Sekolah (Kasek) SD Negeri 2 Sidorejo, Hartatik saat dikunjungi Si Mokos tersebut menuturkan, bahwa anak-anak didiknya begitu bersemangat membaca buku-buku bacaan yang dibawa Si Mokos.

“Banyak buku yang menceritakan sejarah perjuangan dan juga cerita rakyat yang mampu menggugah rasa nasionalisme mereka,” ungkapnya.

Ditambahkannya, terlebih bapak Babinsa Koramil Padangan mengawali dengan kisah-kisah yang bernuansa wawasan kebangsaan, inilah yang mampu menjadikan siswa-siswi lebih mengerti tentang hakikat Bhineka Tunggal Ika dalam bingkai Pancasila.

“Harapan kami, semoga kedepan masing – masing Koramil memiliki perpustakaan keliling seperti Si Mokos untuk membantu generasi muda lebih gemar membaca, sehingga wawasan mereka akan menjadi lebih kaya akan pengetahuan,” pungkas Hartatik penuh harap. *[Bp]

LEAVE A REPLY