Seni Garnis ala Eny Kojiro ini Menambah Penghasilanmu Loo..

128
Foto : Suasana pelatihan seni Garnis oleh Eny Kojiro, di Kabupaten Bojonegoro, Rabu (19/12/2018).

Bengawanpost.com, Bojonegoro – Pada Rabu (19/12/2018), Eny Kojiro perempuan asal Desa Mayangkawis, Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro yang menekuni seni garnis ┬ámengadakan pelatihan pembuatan garnis dari buah dan sayur di salah satu rumah makan yang berada di jalan Lettu Suwolo Bojonegoro.

Kabag Humas dan Protokol Pemkab Bojonegoro, Heru Sugiharto saat menghadiri pelatihan tersebut menyampaikan, bahwa dalam dunia kuliner atau masak memasak, menjadikan hidangan menarik dan indah, merupakan hal yang penting, seperti pembuatan hiasan pada makanan dan minuman (Garnis). Karena selain mempercantik tampilan hidangan, pembuatan garnis juga dapat menambah selera makan bahkan meningkatkan nilai jual.

“Pembuatan garnis pada makanan atau minuman termasuk dalam ekonomi kreatif. Dimana dalam bisnis kuliner, penambahan garnis pada makanan dapat menaikan nilai jual sehingga mampu menambah penghasilan. Selain itu, hal ini juga bisa dijadikan kesempatan untuk ibu-ibu rumah tangga yang ingin menambah penghasilan lewat seni garnis,” ujar Heru Sugiharto.

Foto : Eny Kojiro (Tengah) bersama peserta pelatihan seni Garnis, di Kabupaten Bojonegoro, Rabu (19/12/2018).

Sementara itu, Perempuan dengan nama asli Eny Susilowati yang kini menetap di Bali sejak tahun 1988 ini menjelaskan, bahwa dirinya menekuni seni garnis sejak empat tahun lalu, dan kini hari-harinya disibukkan dengan mengajar dan mengisi pelatihan-pelatihan pembuatan garnis serta fruit carving di berbagai kota, seperti pada weekend bulan januari sampai maret 2019 saja, jadwal pelatihan yang akan diisi sudah teragendakan.

“Sebenarnya kemarin saya mengisi kelas di Semarang, kebetulan di Bojonegoro ada yang minta mengisi kelas. Akhirnya mampir sekalian. Sedangkan untuk bulan januari sampai maret 2019, jadwal pelatihan yang weekend sudah full semua. Tapi kalau untuk weekday-nya belum. Selain itu, di bulan januari 2019 besok ini, sudah ada jadwal di Makassar, Jakarta dan Palembang,” ungkap Eny Kojiro.

Penting diketahui, dalam pelatihan pembuatan garnis ini terlihat para peserta yang berasal dari warga Kabupaten Bojonegoro dan Tuban begitu sangat antusias mengikuti pelatihan tersebut sampai selesai. *[Bp]

data bojonegoro

LEAVE A REPLY