Semangat Proklamasi Masyarakat Desa Hutan

485
Foto : Ririd, Administratur KPH Mojokerto dalam peringatan HUT RI ke-71 di BKPH Bluluk, Kabupaten Lamongan

Bengawanpost.com, Lamongan – Sebanyak 500 warga Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Se-Kecamatan Bluluk, Kabupaten Lamongan dan sekitarnya, menghadiri perayaan HUT RI ke-71 di kompleks kantor Assper BKPH Bluluk, Rabu (24/08/2016) malam. Turut hadir Sekcam Bluluk, Pejabat Perhutani KPH Mojokerto (BKPH sampai RPH) dan lainnya.

Menurut Administratur KPH Mojokerto yang diwakili oleh Waka Barat, Ririd menyampaikan sambutannya, bahwa hutan adalah sumber oksigen, penahan banjir dan lainnya, yang dibutuhkan bagi kelangsungan hidup hidup manusia juga lingkungannya. Untuk itu kelestarian hutan bukan hanya tanggungjawab Perhutani namun tanggungjawab semua fihak.

“Marilah kita saling toleransi antar sesama. Terimakasih kepada Masyarakat Bluluk, dan sekitarnya, atas partisipasinya melestarikan hutan. Marilah kita terus lestarikan hutan kita ini, salah satunya dengan melakukan penghijauan dan memanfaatkan hutan dengan sebaik-baiknya,” ujar Ririd dengan gaya tausiyahnya.

Selain itu, Ririd mengharapkan peran aktif Pemerintah Daerah (Pemda) setempat dengan membuat kebijakan yang mendukung kelestarian hutan. Khususnya untuk mengatasi acaman saat ini, yakni dari dampak industri dan keserakahan manusia, Karena hal itu dapat terwujud, jika semua fihak merasa memiliki tanggungjawab .

Dalam kesempatan ini, Sekcam Bluluk menyampaikan, “Dengan peringatan HUT RI ini, kami bangga atas semangat nasionalisme yang dimiliki LMDH Bluluk dan sekitarnya. Dengan semangat inilah marilah kita bersama-sama mewujudkan kelestarian hutan,” tandasnya.

Sementara itu, acara juga diisi pengajian dari Ustadz Rusman Efendi, dalam ceramahnya ikut mendorong semua fihak ikut menjaga kelestarian hutan, karena alam ini telah diamanahkan kepada manusia sebagai pemimpin di bumi ini. Selanjutnya acara berjalan semakin meriah dengan hiburan dari LMDH Sukorame, sampai berakhir sekitar jam 23.00 WIB. [Mu/Id]

LEAVE A REPLY