Selalu Disambut Antusias, Upaya TNI Dalam Mencerdaskan Masyarakat

353
Foto : Babinsa Koramil 0813-11/Padangan, saat memotivasi minat baca siswa - siswi SD.

Bengawanpost.com, Bojonegoro – Sebagaimana yang tertuang dalam pasal 34 tahun 2009 bahwa tugas pokok TNI adalah melindungi segenap tumpah darah Indonesia, hal tersebut dapat dijabarkan dengan membantu pemerintah dalam mencerdaskan generasi muda sebagai calon – calon pejuang dalam berbagai profesi dalam mengisi dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Untuk itulah, TNI AD (Kodam V BRAWIJAYA) hadir dengan inovasi cerdas yaitu dengan menghadirkan SI MOKOS sebagai wahana meningkatkan minat membaca anak – anak usia pelajar. Melalui jajaran Satuan Teritorial dibawahnya, Kodam V Brawijaya menerjunkan Si Mokos kepada seluruh Kodim dan diteruskan oleh Koramil disetiap wilayah di Jawa Timur.

Tugas mencerdaskan kehidupan bangsa ini juga diemban Kodim 0813 Bojonegoro, dengan Koramil 0813-11/Padangan sebagai ujung tombak yang membawa Si Mokos bagi SD dan TK di wilayah Kecamatan Padangan.

“Si Mokos ini sudah hadir di beberapa sekolah di wilayah Kecamatan Padangan dan akan memaksimalkan tugasnya dibeberapa hari yang tersisa,” ungkap Batuud Koramil Padangan, Serka Ansori, Rabu (21/03/2018).

Serka Ansori melanjutkan, Si Mokos baru saja menyambangi SD Sonorejo 1 dan SD Kuncen. Menurutnya, fihaknya sangat bahagia karena antusias tinggi dari anak – anak SD setempat yang menyambut Si Mokos dengan minat membaca yang luar biasa.

Senada dengan Serka Ansori, Koptu Darmanto juga memberikan sedikit Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada para siswa – siswi kedua SD tersebut.

“Harapan saya dengan adanya Si Mokos ini mereka lebih giat membaca sehingga membuka cakrawala pengetahuan dan memiliki jiwa nasionalisme serta rasa kecintaan kepada NKRI,” pungkas Koptu Darmanto penuh semangat. *[Bp]

LEAVE A REPLY