Saat Bu Yoto Launching Tenun Ikat Bojonegoro

523
Foto : Ketua TP PKK Kabuapten Bojonegoro, Hj. Mahfudhoh Suyoto (Bu Yoto), saat usai acara “Festival Bojonegoro Batik dan Tenun, Craft juga Culinary 2016”.

Bengawanpost.com, Bojonegoro – Kain tenun ikat khas Bojonegoro dilaunching saat acara “Festival Bojonegoro Batik dan Tenun, Craft juga Culinary 2016”, di Jalan Mastumpel depan Alun – Alun Bojonegoro, Jawa Timur, Sabtu (12/11/2016).

Launching ini dilakukan langsung oleh Ketua TP PKK Kabuapten Bojonegoro, Hj. Mahfudhoh Suyoto (Bu Yoto) dengan ditandai penyerahan kain tenun ikat dari Guest Star Desainer Nasional putra daerah asli Bojonegoro, Eko Tjandra kepada Runner UP II Miss Indonesia 2016 yang juga putri daerah asal Bojonegoro, Dian Bernika Silalahi.

Bu Yoto menuturkan, setelah sukses dengan kain batik khas Jonegoroan yang saat ini sudah mempunyai 14 motif. Maka Bojonegoro sejak tahun 1990-an menggembangkan kain tenun ikat, seperti di Desa Kedungrejo, Desa Tlogohaji, Kecamatan Sumberrejo dan Desa Piyak, Desa Sarangan serta Desa Simorejo, Kecamatan Kanor.

“Selain batik jonegoroan, kita punya kain tenun ikat, namun para pengrajinnya banyak yang bekerja di luar Bojonegoro. Untuk itu, dengan acara ini diharapkan mereka mau mengembangkannya di Bojonegoro sendiri,” tutur istri Bupati Bojonegoro ini.

Perlu diketahui, selain Eko Tjandra dan Dian Bernika Silalahi. Dalam acara ini bertaburan Guest Star / Bintang Tamu, diantaranya ada Putri Pariwisata Indonesia 2014 Syarifah Fajri Maulidiyah, Miss Face of Beauty Indonesia 2015 Tengku Nizwa dan  Miss Grand International Indonesia 2015 Yolanda Rametwa.

Tidak hanya itu saja, sejumlah desainer handal di Bojonegoro juga ikut andil memeriahkan “Festival Bojonegoro Batik dan Tenun Fashion, Craft juga Culinary 2016” ini, seperti Mitha Della, Arva Mode, Agus GMB, dan Fardo Klambi. *[Bp]

LEAVE A REPLY