Ratusan Mahasiswa AKN Bojonegoro Ikuti Pembekalan Wasbang

467
Foto : 369 orang Mahasiswa/Mahasiswi Rintisan Akademi Komunitas (Poltek) Negeri Bojonegoro sedang ikuti Pembekalan Wasbang di Makodim Bojonegoro

Bengawanpost.com, Bojonegoro – Komandan Kodim (Dandim) 0813 Bojonegoro, Letkol Inf M. Herry Subagyo, memberikan pembekalan Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) terhadap 369 orang Mahasiswa/Mahasiswi Rintisan Akademi Komunitas (Poltek) Negeri Bojonegoro, Rabu (31/08/2016).

Pembekalan ini bertempat di Gedung Ahmad Yani jalan Hos Cokroaminoto, Bojonegoro, Jatim. Pada kesempatan itu, Dandim menyampaikan, bahwa sikap dan perilaku sebagai warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Terkait hal itu, untuk menjamin kelangsungan hidup bangsa dan Negara, maka kesadaran bela negara itu pada hakikatnya kesediaan berbakti pada negara dan kesediaan berkorban membela negara.

”Spektrum Bela Negara itu sangat luas, dari yang paling halus hingga yang paling keras. Mulai dari hubungan baik sesama warga negara sampai bersama-sama menangkal ancaman nyata musuh bersenjata,” ujarnya.

Selain itu, Dandim 0813 Bojonegoro Letkol Inf M. Herry Subagyo menambahkan, bahwa sebagai warga Negara dalam upaya bela Negara memiliki tiga prinsip, yakni Kedaulatan Negara, Keutuhan Wilayah, Keselamatan Bangsa.

Selanjutnya sebagai warga Negara juga memiliki lima Unsur yaitu Cinta Tanah Air, Sadar Berbangsa dan Bernegara., Yakin Pancasila sebagai Falsafah dan Ideologi Negara, Rela berkorban untuk bangsa dan negara serta Kemampuan awal bela Negara. Hal tersebut yang dilandaskan pada Yuridis UUD 1945 pasal 27 (3).

”Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan Negara, dan juga pada Pasal 30 (1), yakni tiap tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan Negara,” tandasnya. [Bp]

LEAVE A REPLY