Prof. Dr. Agus Suktistyanto Ajak Mahasiswa Unigoro Meningkatkan Daya Saing Bangsa

87
Foto : Guru Besar FISIP Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Prof. Dr. Agus Suktistyanto, Ms. berikan kuliah umum kepada mahasiswa Fisip Unigoro, Minggu (15/09/2019) pagi.
Foto : Guru Besar FISIP Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Prof. Dr. Agus Suktistyanto, Ms. berikan kuliah umum kepada mahasiswa Fisip Unigoro, Minggu (15/09/2019) pagi.

Bengawanpost.com, Bojonegoro – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Bojonegoro (Fisip Unigoro) pada Minggu (15/09/2019) pagi, melaksanakan kegiatan Kuliah Umum dengan tema “Meningkatkan Daya Saing Bangsa”.

Kuliah Umum dibuka oleh Dekan Fisip Unigoro, Dr. Rupiarsieh, M.Si. dan diikuti oleh seratusan mahasiswa FISIP ini, menghadirkan narasumber Prof. Dr. Agus Suktistyanto, Ms., Guru Besar FISIP Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

Acara tersebut mengulas tentang pengembangan sumber daya manusia, khususnya generasi muda Indonesia dalam era persaingan global dan revolusi industri 4.0 yang berlangsung saat ini. Dalam paparannya Prof. Dr. Agus Suktistyanto, Ms. menyebut bahwa Indonesia berada diposisi 38 dalam Global Competitiveness Index 2017-2018 Ranking.

Diperkiraan 3-5 tahun kedepan Indonesia akan mengalami kenaikan dalam hal pengembangan sumber daya manusia dengan catatan jika dari level mahasiswanya mampu untuk banyak menyerap ilmu pengetahuan, utamanya terkait teknologi informasi yang terus berkembang saat ini.

Ia juga menyebut beberapa hal yang menjadi faktor cukup berpengaruh dalam upaya pengembangan SDM ini, dimana dalam level negara permasalahan tersebut adalah masih banyaknya praktik korupsi dan birokrasi yang harus dibenahi dan mengurangi hal yang tidak efisien.

“Untuk permasalahan korupsi di negara kita ini, apabila tidak segera diatasi maka akan berdampak pada upaya peningkatan daya saing, juga birokrasi harus dibenahi, dimana hal yang tidak efisien dalam sistem birokrasi kita harus dipangkas,” ujarnya.

Prof. Dr. Agus Suktistyanto juga berpesan kepada para mahasiswa yang hadir untuk tetap bersemangat dalam belajar dan menuntut ilmu, yang akan menjadi bekal utama untuk pengembangan diri. Karena Industri 4.0 mengubah cara beraktivitas manusia, memungkinkan terjadinya otomatisasi hampir disemua bidang, sehingga para generasi muda bangsa diharapkan sudah bersiap menyambut tantangan ini.

Setelah memberikan materinya, Prof. Dr. Agus Suktistyanto, Ms., juga membuka sesi tanya jawab kepada para hadirin yang datang di Gedung Lt. 2 Fisip Unigoro *[Bp]

data bojonegoro

LEAVE A REPLY