Pita Merah Untuk Hari HIV/AIDS di Bojonegoro

529
Foto : Dandim 0813 Bojonegoro Letkol Inf M. Herry Subagyo, saat ikuti pemeriksaan kesehatan di hari HIV/AIDS se- dunia, Minggu (08/01/2017).

Bengawanpost.com, Bojonegoro – Ribuan masyarakat Bojonegoro dari berbagai elemen, mulai dari dari TNI, Mahasiswa, PNS dan anggota Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXVIII Kodim 0813 Bojonegoro turut mengikuti pemeriksaan darah dan penyuluhan kesehatan dalam rangka memperingati Hari HIV/AIDS se- dunia 2017, di Alun – alun Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Minggu (08/01/2017).

Kegiatan yang digelar oleh Pita Merah Bojonegoro bekerjasama dengan Kodim 0813 dan Pemkab Bojonegoro tersebut, bertujuan untuk mengetahui apakah masyarakat terjangkit HIV/AIDS ataupun tidak. Adapun untuk penyuluhan kesehatan, yang meliputi pendidikan anak remaja, sekolah, pendidikan pola seks dan terapi (perawatannya). Selain itu, ada pembagian pita merah untuk solidaritas penderita HIV/AIDS.

Ketua Pita Merah Bojonegoro, M. Yazid menjelaskan, karena tingkat penyebaran HIV/AIDS tergolong sangat cepat, maka dengan pemeriksaan dan konsultasi kesehatan ini, bisa menyadarkan masyarakat khususnya di Bojonegoro akan bahaya penyebaran virus yang mematikan tersebut, sehingga dapat mencegahnya. Selain itu, dengan pemberian pita merah, kita tidak mendiskriminasikan Orang Dengan HIV-AIDS (ODHA).

“Kegiatan ini sebagai upaya untuk menekan jumlah penderita HIV/AIDS di Kabupaten Bojonegoro. Yang mana diharapkan dengan adanya test HIV/AIDS dapat membantu masyarakat untuk mengetahui karakteristik virus HIV/AIDS, dan memberikan pelajaran terhadap masyarakat tentang cara penanggulangan, serta cara rehabilitasi pengidap HIV/AIDS yang disebut ODHA (orang dengan HIV/AIDS),” jelas Yazid.

Sementara itu, kegiatan bertema “Mari Berubah Masa Depan Gemilang Tanpa Penularan HIV/AIDS”, dengan dihadiri Wakil Bupati (Wabup) Bojonegoro, Drs. H. Setyo Hartono, Dandim 0813 Bojonegoro Letkol Inf M. Herry Subagyo, Kasdim 0813 Mayor Inf Widodo dan lainnya ini, disemarakkan aneka hiburan juga ada stand batik jonegoroan. *[Bp]

LEAVE A REPLY