Pembangunan SDM Peneliti Sumberdaya Pesisir dan Lautan

518

Bengawanpost.com, Bogor – Komitmen Forum Mahasiswa Pasca Sarjana Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Lautan Institut Pertanian Bogor (Forum Wacana SPL IPB) untuk membangun Sumberdaya Pesisir dan Lautan sesuai dengan Visi Misi Forum Wacana Pesisir IPB, dengan melakukan beberapa kegiatan yang dapat membantu pengembangan Sumberdaya Manusia yang berkaitan dengan Pembangunan Sumberdaya Pesisir dan Lautan secara berkelanjutan. Kegiatan yang dilakukan diantaranya berupa beberapa pelatihan dan pelaksanaan diskusi / forum ilmiah yang membahas dan mengkaji sektor tersebut.

Dalam Pelatihan kali ini (Kamis, 31 Maret 2016) dikupas Cara Penggunaan Software NVivo 11 yaitu Perangkat lunak untuk membantu analisis pengambilan data kualitatif, yang dalam aplikasinya didapat dari multi sumber (kuisioner), dan merupakan solusi untuk memberikan penyelesaian dalam analisis secara cepat dalam penelitian.

Ketua umum Forum Wacana SPL IPB Zulfikar Afandi, S. Pi. mengatakan bahwa, “Selain pelatihan kali ini juga akan diagendakan pelatihan mengenai penggunaan Tools Arc GIS untuk pemetaan tata ruang dan analisis spasial, sebelumnya juga telah dilakukan pelatihan penggunaan Software Mendeley yang juga lazim digunakan dalam penyelesaian Penelitian,” kata Zulfikar.

Lebih lanjut panitia pelaksana Irfanudin Rizaki, S. Kel. menyampaikan bahwa, “Peserta pelatihan kali ini diikuti oleh 27 orang, berasal dari kalangan mahasiswa Pasca sarjana IPB diantaranya Program study Komunikasi Pembangunan, Managemen Sumberdaya Pesisir dan lautan serta beberapa Program study lainnya. Harapannya kedepan kegiatan ini akan sangat bermanfaat dalam pembangunan sector pesisir dan kelautan maupun pada sector sector yang lainnya,” ujarnya.

Dalam kegiatan ini didukung oleh pihak Program study Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan lautan IPB. Dr. Zulhamsyah Imran yang merupakan Pembina dari Forum Wacana SPL IPB juga rencananya akan membantu memfasilitasi kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan Forum Wacana SPL IPB yang memungkinkan akan bermanfaat untuk dunia Perikanan dan Kelautan dan juga kedepannya untuk masyarakat Pesisir. [Mu/Id]

LEAVE A REPLY