Pembangunan Instalansi UPPO Ditinjau Dandim Bojonegoro

369

Bengawanpost.com, Bojonegoro – Salah satu program Kementerian Pertanian Republik Indonesia, Pembangunan Instalasi Unit Pengelolaan Pupuk Organik (UPPO) dalam rangka upaya turut mensukseskan dan meningkatkan Program Upaya Khusus (Upsus) Swasembada Pangan guna terwujudnya ketahanan pangan nasional.

TNI AD dari Komando Distrik Militer (Kodim) 0813 Bojonegoro, telah membangun instalasi Unit Pengelolaan Pupuk Organik (UPPO) tersebut, berlokasi di wilayah Koramil 0813-05/Dander, tepatnya di Desa Sumberarum, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

“Pembangunan Unit Pengelolaan Pupuk Organik (UPPO) ini diatas lahan seluas 3,5 hektar milik TNI, juga bertujuan untuk memasyarakatkan pertanian organik dalam menjamin ketersediaan pupuk organik guna meningkatkan produktifitas pertanian,” demikian disampaikan Dandim 0813 Bojonegoro, Letkol Kav Donova Pri Pamungkas, saat meninjau pengerjaan pembangunan Instalasi UPPO tersebut, Sabtu (21/5/2016).

Menurutnya, pembangunan Instalasi UPPO tersebut, diantaranya adalah kandang sapi berkapasitas 10 ekor, kandang komunal serta sarana prasarana pendukung lainnya.

“Dalam pengelolaan pupuk juga akan menggunakan biogas dengan teknologi modern,” tandas Dandim 0813 Bojonegoro.

Sementara itu, Pasiter Kodim 0813 Bojonegoro, Kapten Inf Teguh Irianto, mengatakan kegiatan yang bertujuan untuk membantu Dinas Pertanian (Disperta) Kabupaten Bojonegoro dalam memenuhi kebutuhan pupuk organik. Hasil produksinya, berupa pupuk cair dan padat tersebut akan disalurkan ke petani dengan harga murah.

ā€œDiharapkan program UPPO di Koramil Dander ini, kedepan bisa dijadikan percontohan di Bojonegoro. Mengenai tenaga operator, kami akan kirim personil untuk mengikuti pelatihan di Bogor,” ujarnya.

Dalam peninjauan pembangunan Instalansi UPPO tersebut, Dandim 0813 Bojonegoro didampingi oleh Kepala Staf Kodim (Kasdim), Mayor Inf M. Jenal Arifin, serta Danramil 0813-05/Dander, Kapten Inf Jamari. [Bp]

LEAVE A REPLY