Partisipasi PATRA Sebagai Regenerasi Pertanian Nasional

535

bengawanpost.com, Bojonegoro – Banyaknya inovasi dalam dunia Pertanian menjadi tantangan bagi pemuda untuk lebih inovatif dalam mengolah tanaman. Diantara pengiatnya yakni Taruna Tani Pelatihan Anak Tani Remaja (PATRA) Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur, tepatnya penggurus PATRA Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro mencoba berinovasi menanam Teh Rossela dan lain-lain.

Iwan Zuhdi selaku ketua PATRA Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro saat dikonfirmasi oleh Bengawanpost.com pada hari Ahad (01/05/2016) mengatakan. “Kita pernah menanam Kelor, dan sekarang menanam juga mengolah Teh Rossela. Kita berharap para senior pertanian di Kabupaten Bojonegoro bisa memotivasi dan memberi arahan kepada kita ,” kata Iwan.

Sementara itu Ketua PATRA Kabupaten Bojonegoro, Yaumidin Sugianto mengungkapkan. “PATRA bersama Karang Taruna Nasional sudah teken Mou dengan PT.Petrokimia Gresik dalam mewujudkan ketahanan pangan nasional, tujuannya untuk mendorong regenerasi pemuda dalam bidang pertanian nasional,” ungkap Anto.

Dari data yang dihimpun Bengawanpost.com, jumlah generasi penerus dalam pertanian secara nasional berkurang. Pada tahun 2004-2014 Rumah Tangga Petani (RTP) berkurang 5,05 juta, rinciannya tahun 2004 jumlah RTP sebanyak 31,17 juta, namun pada tahun 2014 tinggal 26,13 juta RTP, sedang dari segi usia petani yang berumur 50 tahun ke atas sebanyak 75%, untuk usia 30-49 tahun sebanyak 13% dan umur di bawah 30 thn sebanyak 12%.

Hal ini bisa terjadi karena kompleks faktornya, maka dengan adanya wadah bagi pemuda yang bersemangat di Pertanian seperti Taruna Tani PATRA, yang kedudukanya sama dengan kelompok tani atau Kelompok Wanita tani ini, diharapkan dapat berpartisipasi sebagai generasi penerus pertanian untuk mewujudkan ketahanan pangan Nasional. [Wan/Id]

LEAVE A REPLY