Partisipasi Koperasi Tani Makmur Mojokerto Dalam Menjaga Kelestarian Hutan

454

bengawanpost.com, Mojokerto – Dalam suasana pagi yang cerah pada hari Sabtu (23/04/2016) telah terlaksana Rapat Anggota Tahunan Koperasi Masyarakat Desa Hutan (RAT-KMDH) “Tani Makmur” di Dusun Bendo Desa Jolotundo Kecamatan Jetis Kabupaten Mojokerto Jawa Timur. Rapat dihadiri 32 orang anggota KMDH Tani Makmur, jajaran perum perhutani KPH Mojokerto, Dinas Pertanian dan Dinas Koperasi Kabupaten Mojokerto.

Dalam sambutan Ma’arif selaku ketua KMDH Tani Makmur menyampaikan, “Tujuan kami mengadakan RAT ini untuk menjalankan roda organisasi agar KMDH Tani Makmur tambah maju. Tak lupa juga Kami ucapkan terima kepada Pemkab Mojokerto yang selama ini telah membantu, dan kami masih membutuhkan suport dari berbagai pihak untuk pembinaan serta pengembangan permodalan dalam rangka melayani masyarakat yang masih membutuhkan pinjaman modal untuk usahanya”, kata Ma’arif.

Lebih lanjut Sarman selaku Assper BKPH Kemlagi Mojokerto menyatakan, “Kami dari Perhutani mengajak para petani khususnya anggota KMDH Tani Makmur ini untuk menjaga kelestarian hutan agar bermanfaat buat semuanya”, ujar Sarman dalam sambutannya.

Sedangkan Eko salah satu staff Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat (PHBM) KPH Mojokerto berbicara kepada bengawanpost di sela-sela acara, “Dengan adanya Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) maupun KMDH ini harus mencerdaskan, mensejahterakan, dan dapat menjadikan lestari hutan disekitarnya. Karena logikanya partisipasi masyarakat sangatlah berpengaruh pada keberhasilan pengelolaan hutan”, ungkap Eko.

Dalam RAT-KMDH Tani Makmur dilaporkan kemajuan dan perkembangannya, yakni dengan bertambahnya anggota dan aset modalnya, dari yang awalnya beranggotakan 23 anggota saat pendirian sekarang menjadi 32 anggota. Rapat juga membahas berbagai hal untuk kemajuan KMDH Tani Makmur sampai ditutup jam.14.00. (Mu/Id)

LEAVE A REPLY