Pantai Remen Yang Indah Perlu Perhatian….

719
Foto : Suasana hari libur di pantai remen Tuban

Bengawanpost.com, Tuban – Indonesia kaya raya, dengan jumlah pulau mencapai 17.000an, yang tersebar dari Sabang sampai Merauke dan memiliki garis pantai terpanjang daripada negara lain. Maka tak ayal kekayaan alam berupa potensi laut Indonesia memang sudah terkenal di seluruh penjuru dunia, maklum saja Indonesia merupakan negara kepulauan yang merupakan surga dunia bagi para pecinta wisata alam pantai ataupun sejenisnya.

Salah satunya adalah Kabupaten Tuban, Jawa Timur yang memiliki garis pantai lumayan panjang, dengan potensi wisata pantai yang cukup menarik untuk dikunjungi. Seperti pantai Remen, yang memiliki daya tarik berupa pasir putih yang ada pada pinggir pantainya, panoramanya juga tidak kalah dengan pantai pantai lain yang ada di pantura Jawa Timur membuatnya jadi rujukan wisatawan apalagi saat liburan pengunjungnya membeludak.

Hal ini terlihat pada kunjungan kami di pantai Remen Tuban, pengunjungnnya membeludak, namun ironis hal itu tidak diimbangi dengan perhatian dari Pemerintah daerah maupun fihak yang terkait. Menurut Zainudin, pengunjung dari Kota Bojonegoro mengungkapkan kepada kami saat ngopi bareng, “Kami datang dengan rombongan nyasar saat menuju kesini mas, karena penunjuk arah dari kota Tuban menuju pantai belum ada. Ditambah jalan keluar-masuk pantai sempit dan rusak jadinya macet total,” katanya, Ahad (14/02/2016).

Memang sektor pariwisata alam berupa wisata pantai merupakan salah satu sektor andalan dalam pembangunan sektor kemaritiman, yaitu pembangunan pesisir dan laut secara terpadu (Integrated Coastal and Marine Development) disamping pembangunan sektor lainnya yang juga ada di wilayah laut dan pantai. Tujuannya untuk kelestarian alam yang berkelanjutan (sustainable). Maka potensi keberlanjutan dari pantai remen sangat terbuka jika pengelolaannya dilakukan dengan prinsip keterpaduan dan dilakukan dengan baik dan benar.

Zainudin menambahkan, “Pantai Remen ini bagus, tapi sayang belum dikelola secara optimal. Liat sampahnya berserakan dimana-mana juga fasilitas-fasilitas penunjang belum dibanggun. Fasilitas itu perlu segera dibanggun seperti toilet yang respentatif, tempat duduk berteduh, tempat bermain anak-anak dan lain-lain agar pengunjungnya semakin nyaman dan banyak,” tambahnya.

Inilah tugas instansi terkait untuk mewujudkannya, seperti memfasilitasi pengunjung menuju pantai Remen yang Indah tersebut. Khususnya di akhir pekan, saat membludaknya pengunjung kebersihan pantai harus tetap dijaga dan memperhatikan juga daya dukung dari pantai tersebut agar tetap terjaga keberlanjutannya. Jadi untuk mewujudkan pantai tetap indah, pihak terkait harus dapat hadir dan ikut membangun dan menata hal hal yang belum tertata dengan baik sesuai dengan prinsip ekowisata pantai pada umumnya. [Mu/Id]

LEAVE A REPLY