Optimalkan Keterampilan, 304 Prajurit TNI Ikuti Uji Perorangan

815
Foto : Prajurit TNI Kodim 0813 Bojonegoro saat ikuti UTP Umum, di Lapangan Tembak Desa Banjarsari, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Kamis (02/03/2017).

Bengawanpost.com, Bojonegoro – Sebanyak 304 Prajurit Bintara dan Tamtama Kodim 0813 Bojonegoro mengikuti Uji Terampil Perorangan (UTP) Umum, di Lapangan Tembak Desa Banjarsari, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Kamis (02/03/2017). Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari, tanggal 01 – 03 Maret 2017.

Saat memimpin apel pembukaan, Kapten Inf Jamari, selaku Komandan Latihan (Danlat) menyampaikan, bahwa UTP Umum tersebut merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan untuk menguji kemampuan perorangan Prajurit Kodim 0813 Bojonegoro sesuai tingkat ketrampilan masing-masing.

“UTP Umum ini untuk memperoleh data kemampuan Prajurit dalam melaksanakan tugas pokok yang dibebankan kepadanya. Untuk itu peserta UTP, baik penyelenggara maupun pelaku agar melaksanakan kegiatan ini dengan sungguh-sungguh dan penuh rasa tanggung jawab. Sehingga, dapat diperoleh hasil yang optimal,” ujarnya.

Menurutnya, bahwa tingkat kemampuan yang harus dimiliki oleh Prajurit Teritorial, mulai dari pangkat Prajurit Dua sampai dengan Pembantu Letnan Satu perlu diuraikan secara rinci, menurut macam dan jenis kemampuan berdasarkan tugas dan tanggung jawabnya.

“Hal ini untuk memudahkan didalam pembinaan kemampuan tersebut, maka setiap materi pengetahuan dan keterampilan dijabarkan dalam tugas-tugas sesuai golongan kepangkatan masing-masing,” ucap Kapten Inf Jamari menandaskan.

Sementara itu, Bintara Tinggi Operasi dan Latihan (Batiopslat) Kodim 0813 Bojonegoro Pelda Supriyanto mengatakan, bahwa materi-materi yang diujikan dalam Uji Terampil Perorangan (UTP) Umum ini disesuaikan dengan tingkat ketrampilan masing-masing Prajurit, yakni UTP Umum Teritorial dan UTP Umum Intelijen.

Pelda Supriyanto menambahkan, adapun jenis UTP Umum ini untuk tingkat ketrampilan 2 yaitu Pratu-Praka, keterampilan 3 untuk Kopda dan keterampilan 4 adalah Koptu-Kopka. Sedangkan, keterampilan 5 adalah Serda-Sertu, keterampilan 6 Serka-Serma, serta keterampilan 7 untuk Prajurit berpangkat Pelda-Peltu. *[Bp]

LEAVE A REPLY