Merayakan Praktek Pancasila di Tingkat Lokal

340
Foto : Saat Seminar Pra Festival HAM Internasional 2016 di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur

Bengawanpost.com, Bojonegoro – Dalam rangka pelaksanaan Festival HAM Internasional 2016 di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Badan Kesatuan Bangsa, Politik Dan Perlindungan Masyarakat (Bakesbangpol Linmas) Kabupaten Bojonegoro bersama International NGO Forum on Indonesian Devlopment (INFID) menggelar Seminar Pra Festival HAM, di kantor baru Pemkab Bojonegoro, Senin (03/10/2016).

Seminar yang bertema “Merayakan Praktek Pancasila di Tingkat Lokal” ini, dihadiri Bupati Bojonegoro, Drs. H. Suyoto (Kang Yoto), Dandim 0813 Bojonegoro, Letkol Inf M. Herry Subagyo, Kapolres AKBP Wahyu Sri Bintoro dan Jajaran Forpimda lainya. Tampak hadir pula Kepala Bakesbangpol Linmas, Kusbiyanto juga sejumlah pejabat Pemkab Bojonegoro, tokoh masyarakat/agamawan, LSM, pengusaha serta akademisi.

Bupati Bojonegoro, Kang Yoto selaku narasumber menyampaikan, “Bojonegoro telah mengeluarkan Peraturan Bupati No. 7 tahun 2015 tentang Bojonegoro Kabupaten Ramah HAM. Harapannya dengan inisiatif dari Pemda dan NGO, akan semakin banyak Pemda di Indonesia yang menggunakan prinsip dan nilai dasar HAM sebagai basis pembuatan dan pelaksanaan kebijakan pembangunan daerahnya,” katanya.

Selain itu, Kang Yoto mengutip pidato Bung Karno tentang Pancasila, “Pancasila yang memuat Kebangsaan Indonesia, Internasionalisme / perikemanusiaan, Mufakat / demokrasi, Kesejahteraan social dan Ketuhanan, adalah sudah sesuai sebagai dasar NKRI. Semoga seminar ini membangkitkan kembali semangat Pancasila seperti gotong royong, dapat diterapkan dalam kehidupan kita,” ujarnya.

Selanjutnya usai seminar, Bupati Bojonegoro, Kang Yoto bersama Forpimda Bojonegoro, langsung meresmikan Media Centre / Sekretariat Festival HAM Internasional 2016 di kantor Bakesbangpol Linmas Bojonegoro. Festival ini akan dilaksanakan 30 November sampai 02 Desember, dan dihadiri sejumlah pejabat penting di republik ini termasuk Bupati, Walikota dari beberapa Kabupaten/Kota di Indonesia. *[Bp]

LEAVE A REPLY