Mempercepat Pembangunan Desa Dengan PRODESKEL

716

bengawanpost.com, Bojonegoro – Sebanyak 430 perangkat Desa/Kelurahan dari 28 Kecamatan di Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur menghadiri Pelatihan bimbingan teknis sistem informasi online pengisian data profil Desa/Kelurahan (PRODESKEL), yang diselenggarakan oleh Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) pada hari kamis (24/03/16) di Aula kantor BPMPD Kabupaten Bojonegoro.

Pelatihan ini berdasarkan Permendagri No. 84 tahun 2016 tentang “Pedoman penyusunan dan pendayagunaan data Prodeskel. Sedang tujuan Prodeskel yakni untuk mengetahui gambaran menyeluruh karakter Desa/Kelurahan meliputi data dasar keluarga, potensi Desa/Kelurahan (SDA,SDM, Kelembagaan dan SarPras) dan tingkat perkembangan kemajuan, kegiatan pembangunan desa.

Menurut Masirin dari BPMPD Bojonegoro, “Tujuan pelatihan ini agar Desa/Kelurahan dapat menginventarisasi, menghimpun data dasar, dan sebagai wahana pencatatan data yang sesuai keberadaan kharakter Desa/Kelurahan bersangkutan, dengan begitu maka pemerintah Daerah maupun Pusat bisa mengetahui katagori Desa/Kelurahan masuk dalam Desa swadaya, Desa swakarya dan Desa swasembada dengan mudah, cepat, akurat dan valid,” kata Masirin.

Syarat data Prodeskel harus Valid (Akurat), Reliable, Komprehensif, Uptodate (Terkini), Intergal (Satu kesatuan), Cepat, Tepat, Murah dan Terpercaya. Maka data Prodeskel ini berguna untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas pemerintah Desa/Kelurahan dalam pembangunan dan pembinaan masyarakat serta menentukan jumlah perangkat Desa/Kelurahan sesuai jenisnya (swadaya, swadaya, swasembada).

Harapannya sesudah pelatihan, perangkat Desa/Kelurahan dapat juga membentuk team Pengisian data Prodeskel yang memenuhi standart syarat data Prodeskel, karena selama ini perangkat Desa/Kelurahan banyak yang kurang paham Tekhnologi Informasi (TI) sehingga banyak menimbulkan kesalahan dalam input data. “Kami berharap semoga setelah pelatihan ini, para perangkat Desa/Kelurahan bisa juga membentuk team, mampu mengerjakan input dan memvalidasi data Prodeskel mereka,” ujar Masirin menutup penjelasannya kepada kami. [Team]

LEAVE A REPLY