Masyarakat Sumenep Antusias Saksikan Gerhana Matahari Total Via Teropong

430
Foto : Saat Masyarakat Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, sedang melihat GMT via teropong di areal Jl. Lingkar Timur.

Bengawanpost.com, Bojonegoro – Fenomena Gerhana Matahari Total (GMT) yang jatuh pada hari Rabu (09/03/2016) disambut antusias oleh masyarakat pulau Madura tepatnya di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. sejak jam 7.00 pagi mereka memadati areal Jl. Lingkar Timur, tempat disediakannya teropong guna menyaksikan fenomena yang cukup langka ini.

Staf Kesmas Pemkab Sumenep, Ahmad mengungkapkan, “Teropong ini sengaja disediakan agar masyarakat bisa melihat GMT secara nyata, mengingat banyak yang penasaran,” ujarnya kepada media.

Ahmad menambahkan, selain teropong pihaknya juga membagikan kacamata khusus untuk melihat GMT dengan aman. “Kan di sini gerhananya nggak total mbak, tapi banyak yang penasaran ingin lihat, makanya disediakan teropong biar nggak bahaya juga,” tambahnya.

Sementara itu, sejak pukul 6.00 pagi sejumlah jalan dan pusat keramaian tampak lengang, sebab sejak shubuh ummat Islam di Kabupaten paling timur pulau Madura ini, sudah berada di Masjid hingga shalat kusuf yang digelar tepat pukal 6.21 wib. Sedang kondisi alam di sini hanya tampak seperti mendung saat akan turun hujan. [Nik/Red]

LEAVE A REPLY