Masyarakat Negeri Atas Angin Mendapat Pelatihan LPK Tunas Mandiri

696
Foto : Diklat Keterampilan Pengelolaan Produk Pertanian LPK Tunas Mandiri untuk mendukung pengembangan obyek wisata alam Negeri Atas Angin Bojonegoro, di Balai Desa Deling, Kecamatan Sekar, Kabupaten Bojonegoro

Bengawanpost.com, Bojonegoro – Seiring dengan perkembangan obyek wisata alam Negeri Atas Angin (NAA), LPK Tunas Mandiri mitra Disnakertransos Kabupaten Bojonegoro mengadakan Program Peningkatan kualitas dan produktifitas tenaga kerja, melalui kegiatan pendidikan dan pelatihan keterampilan Pengolahan Hasil Pertanian (PHP) selama 6 hari.

Pelatihan yang dimulai tanggal 08 – 13 Maret 2016 ini, bertempat di Balai Desa Deling, Kecamatan Sekar, Kabupaten Bojonegoro, dengan diikuti oleh + 40 orang pedagang wisata NAA dan dihadiri juga Kepala Desa, Didik, serta Ketua LPK Tunas Mandiri, Fatkur Rochman.

Menurut Kades Deling, Didik dalam sambutan pembukaannya menyampaikan bahwa, dengan pelatihan ini masyarakat bisa lebih terampil, bersikap yang ramah, tidak mabuk-mabukan, tidak membuang sampah sembarangan dan menciptakan suasana yang aman dan nyaman.

“Kami berharap peserta bisa mengikuti pelatihan ini dengan serius, dan nantinya dapat membuka usaha sesuai dengan jenis keterampilan yang diminati, sehingga dapat meningkatkan pendapatan keluarga,” ujarnya, Selasa (08/03/2016).

Selain itu, Ketua LPK Tunas Mandiri, Fatkur Rochman mengatakan bahwa, Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan menumbuhkan wirausaha lokal Desa Deling dan sekitarnya, dengan memanfaatkan potensi lokal yang ada.

“Pelatihan PHP ini berbasis potensi lokal Desa Deling dan sekitarnya. Jenis olahannnya dari usulan peserta, seperti olahan Singkong, Ketela, Pisang, Jamu Tradisional dan olahan lainnya. Sedang hasilnya nanti untuk menambah variasi oleh-oleh khas dari Wisata NAA yang bisa dibawa pulang/dinikmati pengunjungnya,” ujarnya.

Perlu diketahui bahwa, bahwa obyek wisata alam NAA dikelola 6 Desa se-Kecamatan Sekar, Kabupaten Bojonegoro, dan letaknya diatas bukit Desa Deling yang begitu indah, dengan ketinggian 650 Mdpl yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Madiun.

Sementara itu, pada hari pertama pelatihan ini. Para peserta sangat senang mengikutinya, dan berharap kepada Pemerintah Kabupaten Bojonegoro untuk selalu memberikan dukungan terhadap pengembangan kemajuan Obyek Wisata Alam Negeri Atas Angin ini. [Fr/Red]

LEAVE A REPLY