Martabak Kondang Alternatif Kuliner Kota Babat Selain Wingko

612

bengawanpost.com, Lamongan – Kota Babat Kabupaten Lamongan Jawa Timur, yang selama ini dikenal juga sebagai Kota Wingko bahkan telah dibuatkan tugu wingko sebagai icon Kota Babat di depan jalan raya pasar lama Babat. Namun selain wingko masih banyak kuliner yang ada di Kota Babat, yakni diantaranya ada kuliner makanan yang bernama “Martabak Kondang”. Dalam bahasa Arab Martabak artinya “terlipat”, dan ada dua jenis martabak yaitu Martabak Manis dan Martabak Telur.

Martabak Kondang adalah nama stand martabak yang sudah berdiri sejak tahun 1976 di alun-alun Kota Lamongan oleh Mukhtar bersama Mukhsin, dan berkembang sampai 4 cabang, Cabang Martabak Kondang II di Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik tahun1994 lalu tahun 2000 berdiri Martabak Kondang III di depan pasar lama Babat dan tahun 2010 berdiri juga Martabak Kondang IV di Pasar Agrobis Babat Lamongan.

Menurut Muntholib pemilik Martabak Kondang III dan IV, yang standnya buka jam.17.00-23.00 di pasar Agrobis Babat mengatakan kepada Bengawanpost.com (Ahad, 01/05/2016), “Syukur alhamdulillah setiap hari kami abiskan telur sebanyak 5 kilogram, bahkan kalau malam minggu bisa sampai 7/8 kilogram telur. Para pelanggan kami bilang bahwa rasa daging maupun rempah-rempah Martabak kondang itu khas dan enak,” kata Muntholib.

Hal ini dibenarkan oleh Sunari pelanggan setia Martabak Kondang III yang rumahnya di depan pasar lama Babat saat membeli di stand Martabak Kondang IV, “Kami sekeluarga sudah lama menjadi pelanggan Martabak Kondang, karena keluarga kami sangat suka sekali bahkan anak saya selalu minta dibelikan disini mas,” ujar Sunari.

Martabak Kondang menyediakan menu Martabak Telur dengan harga cukup terjangkau mulai dari harga Rp.7.000 – Rp.45.000 dan juga ada Martabak Manis yang murah meriah Rp.5.000an. Ini cocok untuk dicoba sebagai makanan ringan oleh-oleh saat anda mampir di Pasar Agrobis Babat Kabupaten Lamongan yang letaknya di pinggir jalan raya nasional Surabaya-Jakarta/Tuban/Bojonegoro/Jombang. [Id]

LEAVE A REPLY