Majukan UMKM, Relawan TIK Bojonegoro Gelar Pelatihan Fotografi Produk di PIB Gayam

96
Foto : Kak Shela, selaku senior Relawan TIK Bojonegoro, saat memandu acara Pelatihan Penampilan Produk dalam Program Promosi Produk UMK Kabupaten Bojonegoro Tahun 2018.

Bojonegoro – Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kabupaten Bojonegoro merupakan salah satu tulang punggung ekonomi masyarakat. Pertumbuhan UMKM yang ​pesat  di Bojonegoro telah menghantarkan Kabupaten ini mendapat penghargaan “Natamukti Pratama pada tahun 2017”.

Adapun penghargaan tersebut diberikan untuk Kabupaten Bojonegoro yang mampu menggerakkan sektor Koperasi dan Usaha Kecil Mikro di daerahnya. Hal ini tak lepas dari dukungan penuh pemerintah, akademisi dan para pelaku bisnis.

Atas dasar pesatnya pertumbuhan UMKM inilah, terselenggara Pelatihan Penampilan Produk yang merupakan bagian Program Promosi Produk UMK 2018, selama dua hari yakni Selasa dan Rabu (07 – 08 Agustus 2018) di Pusat Inkubasi Bisnis (PIB) Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro dan Sekretariat Relawan TIK Bojonegoro.

Program promosi ini didukung oleh operator migas lapangan Banyuurip, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) serta difasilitasi Relawan TIK Bojonegoro, yang harapannya para pelaku bisnis UMKM bisa menampilkan produk – produknya dengan baik untuk pemasaran. Termasuk dalam segi teknik – teknik fotografi produk dan mengoptimalan pemanfaatan keterbatasan kamera ponsel sebagai alat untuk memfoto produk.

Public Affairs Advisor EMCL, Wahyu Sadewo, saat sambutan pembukaan acara ini menyampaikan, pelatihan penampilan produk UMKM ini, merupakan bagian dari fokus 3 pilar yang ingin kami (EMCL) kembangkan bersama masyarakat yakni sektor pendidikan, ekonomi, dan kesehatan.

“Zaman digital sekarang semuanya tersambung melalui internet, hal itu bisa dimanfaatkan. Masih sedikit dari kita para pelaku bisnis yang memanfaatkan teknologi dengan optimal. Semoga pelatihan ini bisa menunjang tampilan pemasaran produk kearah lebih baik”, ungkap Wahyu Sadewo, Selasa (07/08/2018).

Senada dengan hal itu, Rifaun Naim, selaku Ketua Relawan TIK Bojonegoro juga memberi arahan agar para pelaku bisnis UMKM bisa memperdalam ilmu fotografi dan penampilan produk agar bisa mengoptimalkan pemasaran produk.

“Dengan belajar mengenai fotografi produk, hal itu bisa menunjang pemasaran produk kearah yang lebih baik. Karena konsumen pasti akan melihat langsung seberapa menarik foto produk yang ditampilkan,” ujar Rifaun Naim.

Penting diketahui. Dalam kegiatan tersebut, hadir 17 para pelaku UMKM yang terdiri dari berbagai varian jenis produk yakni diantaranya makanan, kain batik, tas, kerajinan kayu, pupuk organik, dan lain lain. *[Bp]

LEAVE A REPLY