Lomba Pemberdayaan Potensi Bojonegoro, Warnai Peringatan Hari Ibu Ke- 89

471
Foto : Kemeriahan peringatan Hari Ibu Ke- 89 tahun 2017 semakin terasa dengan kunjungan Ketua Persit KCK cabang XXVIII Kodim 0813, Ny. Redinal Dewanto ke salah satu stand peserta lomba pemberdayaan potensi daerah, di lapangan tenis Makodim 0813 Bojonegoro, Selasa, (12/12/2017).

Bengawanpost.com, Bojonegoro – Dalam rangka peringatan Hari Ibu Ke- 89 tahun 2017, Ketua Persit KCK cabang XXVIII Kodim 0813 Bojonegoro, Ny. Redinal Dewanto menghadiri kegiatan “Lomba Pemberdayaan Potensi Daerah”, di lapangan tenis Makodim 0813 Bojonegoro, Selasa, (12/12/2017).

Lomba yang diikuti 23 Ranting Persit masing – masing Koramil jajaran Kodim 0813 ini, hasil kerjasama Kodim 0813 Bojonegoro dengan Dinas Pariwisata, Dinas Kesehatan, Dinas UMKM, dan TP PKK Kabupaten Bojonegoro.

“Pengembangan potensi perekonomian daerah merupakan langkah awal menuju ketahanan perekonomian bangsa. Adapun salah satu langkah dalam memperkuat perekonomian daerah adalah dengan mengembangkan potensi ekonomi warga masyarakatnya yang dimulai dari lingkungan keluarga,” demikian sambutan Ketua Persit KCK cabang XXVIII Kodim 0813 Bojonegoro, Ny. Redinal Dewanto dalam acara ini.

Dijelaskannya, bahwa kegiatan pemberdayaan potensi daerah melalui pengembangan kreasi pangan dan cinderamata ini, merupakan strategi pemanfaatan kreativitas, keterampilan serta bakat perorangan untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan, dengan menghasilkan dan mengeskploitasi daya kreasi serta daya cipta perorangan.

“Dengan adanya lomba kreasi produk pangan unggulan dan cinderamata antar ranting Persit jajaran Kodim 0813 ini, diharapkan dapat menjadi sebuah solusi cerdas dari ibu – ibu Persit dalam upaya menciptakan peningkatan kemandirian ekonomi keluarga dan juga diversifikasi pangan,” jelas Ny. Redinal Dewanto.

Lebih lanjut Ny. Redinal Dewanto menyampaikan, bahwa dengan lomba kreasi pangan akan mampu mengangkat pamor produk unggulan pangan lokal dalam kreasi pangan dan rasa, sehingga menjadikan sumber produk pangan lokal lebih diminati masyarakat luas dan juga mampu mengurangi kapasitas impor pangan dari negara lain.

“Tentunya hal ini mampu mendukung program pemerintah dalam menciptakan Ketahanan Pangan Nasional dengan pemanfaatan sumber pangan lokal, dan bagi usaha cinderamata mampu menjadi daya tarik tersendiri karena juga menggunakan bahan baku tradisional dari masing-masing wilayah jajaran Kodim 0813 Bojonegoro,” tambah Ny. Redinal Dewanto.

Foto : Ketua Persit KCK cabang XXVIII Kodim 0813, Ny. Redinal Dewanto bersama para pemenang “Lomba Pemberdayaan Potensi Daerah”, di lapangan tenis Makodim 0813 Bojonegoro, Selasa, (12/12/2017).

Senada dengan Ketua Persit KCK cabang XXVIII Kodim 0813 Bojonegoro, Pembina Harian Persit, Kapten Arm. Ngalim (Pasi Personalia Kodim 0813) mengatakan, bahwa peluang pengembangan industri kreatif berbasis pangan dan sumber daya lokal memiliki andil besar dalam sumbangsih peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat umumnya serta para petani khususnya, sehingga akan berimbas pada menurunnya angka kemiskinan penduduk di Kabupaten Bojonegoro.

Disampaikan pula, bahwa dari berbagai produk unggulan olahan pangan dan juga cinderamata yang dilombakan sangat banyak macamnya, dan menjadikan penilaian ketat dari para juri yang khusus didatangkan dalam lomba ini.

“Terimakasih sebesar-besarnya kepada para juri dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Dinas Kesehatan, Dinas Perkoperasian dan Tim Penggerak PKK Kabupaten Bojonegoro yang telah memberikan penilaian dari seluruh produk olahan unggulan pangan maupun cinderamata dalam kegiatan ini. Semoga ibu-ibu Persit Koramil di masing-masing jajaran dapat memberikan contoh dan teladan dalam membantu meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat,” ungkap Kapten Arm. Ngalim seraya berharap.

Sementara itu, dalam kegiatan ini yang tampil sebagai pemenang dalam lomba Kategori produk unggulan pangan juara 1 (Koramil Baureno), juara 2 (Koramil Sugihwaras), dan juara 3 (Koramil Kepohbaru). Sedangkan Kategori keterampilan cinderamata juara 1 (Koramil Sugihwaras ), juara 2 (Koramil Baureno), serta juara 3 (Koramil Ngambon). *[Bp]

LEAVE A REPLY