LAZNAS LMI Kembangkan Kelompok Usaha Batu Bata Bojonegoro

691
Foto : KUBE “Merah bata” Desa Kandangan, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, usai terima bantuan program KUBE dari LAZNAS LMI Bojonegoro, Rabu (04/01/2016).

Bengawanpost.com, Bojonegoro – Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur merupakan daerah hilir aliran sungai Bengawan Solo. Yang mana hal tersebut mempunyai beberapa kelebihan, disamping kekurangannya yakni setiap tahun alami banjir.

Adapun beberapa kelebihan itu diantaranya adalah pengairan yang cukup untuk persawahan, banyaknya pasir untuk bahan pembangunan, serta adanya tanah liat yang bisa dijadikan bahan pembuat batu bata secara tradisional.

Ada beberapa Kecamatan sebagai sentra pengrajin batu bata khas Bojonegoro, diantaranya Kecamatan Kalitidu dan Kecamatan Trucuk. Salah satu desa yang terkenal sebagai sentra pengrajin batu bata di Kecamatan Trucuk adalah Desa Kandangan.

Dimana di desa Kandangan ini kurang lebih ada 30 an warga yang mempunyai profesi sebagai pengrajin batu bata, sehingga Desa Kandangan terkenal sebagai salah satu sentra industri batu bata di daerah Bojonegoro dan sekitarnya.

Atas dasar itulah Lembaga Amil Zakat Nasional – Lembaga Manajemen Infaq (LAZNAS LMI) Cabang Bojonegoro yang mempunyai program Kelompok usaha Bersama (KUBE) memberikan bantuan tambahan modal usaha, sekaligus pendampingan kepada beberapa pengrajin batu bata yang ada di Desa Kandangan, Kecamatan Trucuk.

Kepala Kantor LMI Bojonegoro, Resma Edhi Satria menyampaikan, Program KUBE adalah salah satu program andalan LMI yang mempunyai visi untuk memberdayakan secara mandiri para penerimanya. Dan program KUBE ini sebagai program pendayagunaan dari zakat, infaq, shodaqoh yang diterima LMI dari para donatur.

”Alhamdulillah teman – teman merasa terbantukan dengan adanya program KUBE dari LAZNAS LMI Bojonegoro ini, sehingga kami bisa membeli peralatan untuk perkembangan usaha batu bata kami ini,” ujar perwakilan KUBE “Merah bata” Desa Kandangan, Masyoko ketika acara serah terima terakhir bantuan, Rabu (4/01/2017).

Perlu diketahui, LAZNAS LMI Cabang Bojonegoro yang meliputi area Kabupaten Bojonegoro, Tuban dan Blora ini, sudah melakukan berbagai Program untuk mengangkat harkat martabat masyarakat lemah. Diantaranya ada Program Pintar, Dakwah, Sehati, KUBE, Yatim dan Program Kemanusiaan. *[Bp]

LEAVE A REPLY