Lamongan Deklarasikan Pelayanan Publik Ramah Anak

153
Foto : Bupati Lamongan, H. Fadeli saat hadiri deklarasi pelayanan publik ramah anak di Pendopo Lokatantra Pemkab Lamongan, Selasa (02/04/2019).

Bengawanpost.com, Lamongan – Tumbuh kembang anak mendapat perhatian tersendiri dari Pemkab Lamongan. Yang mana program pembangunan disana kini harus berorientasi pada tumbuh kembang anak.

Komitmen tersebut ditandai dengan Deklarasi Sekolah, Puskesmas, Rumah Sakit Ramah Anak dan Kecamatan, Desa / Kelurahan Layak Anak di Pendopo Lokatantra Pemkab Lamongan, Selasa (02/04/2019).

“Dengan deklarasi pelayanan publik ini, diharapkan semakin banyak fasilitas umum di Lamongan yang berorientasi pada kaidah Kabupaten Layak Anak (KLA),” ungkap Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Lamongan, drg. Fida Nuraida saat deklarasi.

Ditambahkannya, bahwa komitmen itu tetap diperlukan, meski Lamongan sudah mendapat predikat sebagai KLA.

“Anak merupakan bagian yang penting dalam suatu bangsa, karena anak adalah penentu dan penerus bangsa. Pembinaan dan pengembangannya perlu dilakukan sedini mungkin dan diperlukan upya strategis untuk menciptakan rasa aman, ramah, bersahabat dan mampu memberikan perlindungan kepada anak,” ujar drg Fida Nuraida.

Sementara itu. Bupati Lamongan, H. Fadeli berharap predikat KLA ini bukan hanya simbolik semata, namun harus benar-benar tercapai di Kabupaten Lamongan.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran dan stakeholder yang mau berkomitmen mewujudkan Kabupaten Layak Anak. Mari kita semua dari sekolah, puskesmas, rumah sakit dan kecamatan dan instansi lainnya untuk memberikan fasilitas untuk anak-anak,” pesan Bupat Fadeli.

Bupati Fadeli menyebutkan, saat ini sudah banyak fasilitas-fasilitas umum yang layak anak di Kabupaten Lamongan. Seperti Alun-alun Lamongan yang sudah ramah anak, karena memiliki fasilitas untuk anak dan menjadi kawasan larangan merokok.

Kemudian di RSUD Soegiri yang sudah ada Forum Aku Cinta Anak (FACA). Dimana FACA ini memberikan pendampingan tersendiri kepada pasien anak agar tidak mengalami trauma saat mendapatkan pelayanan kesehatan.

“Harapannya kedepan semakin ditingkankan fasilitas tersebut agar anak merasa nyaman dan senang untuk meningkatkan tumbuh kembang anak,” kata Bupati Fadeli menambahkan.

Bupati Fadeli juga mengungkapkan, bahwa saat ini juga telah digodok Peraturan Daerah Kabupaten Layak Anak. Ini akan memberikan regulasi dan kepastian hukum dalam pengembangan Kabupaten Layak Anak di Kabupaten Lamongan. *[Fer / Id]

data bojonegoro

LEAVE A REPLY