Lamongan Butuh Swasembada Benih Ikan dan Udang

582
Foto ; Ir. Muntalim saat di Kolam pembenihan Ikan miliknya

Bengawanpost.com, Lamongan – Peluang usaha pembenihan di sektor perikanan masih sangat menjanjikan, ini untuk memenuhi kebutuhan para pembudidaya ikan maupun udang di Kabupaten Lamongan. Hal itu terbukti dengan masih banyaknya pembudidaya ikan maupun udang yang mengambil benih ikan dan udang dari Kabupaten lainnya.

Sehingga dari sisi transportasi, perlu dievaluasi mengenai sisi efektifitas dan efisiensi dalam pengelolaan bisnis yang dijalankan, agar lebih bisa menguntungkan pelaku usaha tersebut. Solusinya perlu perhatian serius dari pemerintah, untuk membangkitkan sektor unggulan tersebut yaitu pembenihan, baik ikan maupun udang.

Dengan swasembada benih ikan dan udang, diyakini dapat dijadikan faktor sukses usaha perikanan yang dijalankan. Seperti usaha yang dijalankan oleh seorang Akademisi dan pakar perikanan Jatim, Ir. Muntalim, MMA., dirumahnya Tambakboyo Lamongan, yakni usaha pembenihan ikan nila dan penetasan ikan lelenya bisa dibilang tergolong cukup berhasil. Meskipun pembenihan itu dilakukan sebagai sampingan dan objek penelitiannya.

“Indonesia dengan potensi yang ada di bangsa ini, mestinya harus bangga. Sebenarnya teknologi perikanan bangsa ini, sudah ada sebelum asing menerapkan teknologi perikanan yang dimuat dalam artikel ilmiah mereka. Hanya saja orang Indonesia tidak begitu pandai menuliskan apa yang mereka karyakan”, tutur Ir. Muntalim.

Atas dasar ini, cukuplah menjadi alasan bagi kita semua, untuk lebih mencintai sektor andalan ini, sebelum kita benar-benar cuma tergantung dengan asing pada era MEA saat ini. Namun yang lebih penting, fihak Pemerintah harus segera mendukung, dengan kebijakan-kebijakan yang berpihak pada kemajuan sektor agro ini. [Mu/Id]

LEAVE A REPLY