Kuatkan Kualitas Dosen, LLDIKTI Wilayah VII Bersama Unigoro Gelar Pelatihan Pekerti

88
Foto : Suasana pembukaan Pelatihan Pekerti di Gedung Mayor Sogo - Unigoro, Senin (27/08/2018).

Bengawanpost.com, Bojonegoro – Sebanyak 38 dosen dari Kabupaten Bojonegoro dan Lamongan pada Senin (27/08/2018) mengikuti pelatihan Pengembangan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (Pekerti) yang diselenggarakan oleh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VII bekerjasama dengan Universitas Bojonegoro (Unigoro).

Kegiatan pelatihan tersebut dilaksanakan di Gedung Mayor Sogo – Unigoro dan akan berlangsung selama 5 hari ke depan.

Ketua Yayasan Suyitno Bojonegoro (YSB) – Unigoro, Mas Arief Januarso mengawali kegiatan dengan memberikan sambutan, dalam sambutannya ia mengharapkan agar seluruh peserta dapat menyerap banyak ilmu dalam pelatihan ini.

“Tentu kita harapkan agar para dosen yang ikut pelatihan, dapat mengetahui teknik belajar mengajar dengan benar, akan beda ketika dosen belum pernah mengikuti pelatihan Pekerti ini,” ungkap Mas Arief Januarso.

Sementara itu, dalam pelaksanaan pelatihan pada hari pertama diisi oleh narasumber Prof. Dr. Zainuddin Maliki, M. Si., dari LLDIKTI Wilayah VII.

Prof. Dr. Zainuddin Maliki, M. Si. menjelaskan pentingnya pelatihan Pekerti ini dilalui oleh para dosen, khususnya para dosen muda. Beliau menyebutkan, dosen diharapkan bisa menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik, yakni mampu mengembangkan potensi mahasiswa secara maksimal.

“Dosen harus bisa menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik, harapannya agar mampu menumbuhkan potensi dari mahasiswa secara keseluruhan, baik potensi intelektual, akademik, psikomotorik serta soft dan hard skill-nya,” ujarnya.

Untuk itu, lanjut Prof. Zainuddin Maliki menyampaikan, bahwa dalam pelatihan Pekerti ini para dosen juga diharapkan mampu memiliki kompetensi profesional, sosial, personal, dan pedagogik yakni mampu mendesain proses pembelajaran yang efektif, dimana mahasiswa bisa mengekspresikan potensi sesuai dengan minat dan bakatnya masing – masing.

“Kebanyakan dosen hanya mengajar bukan mengembangkan potensi, tugas dosen itu bukan hanya mengajar tapi mengembangkan potensi dari mahasiswa, kita menyebutnya dengan mendidik,” tutur Prof. Zainuddin.

Penting diketahui, acara pelatihan Pekerti ini secara resmi dibuka oleh Rektor Unigoro, Slamet Kyswantoro, SE, MM., dan dilanjutkan dengan penandatanganan kerjasama antara Unigoro dengan LLDIKTI Wilayah VII. *[Bp]

LEAVE A REPLY