Kota Wingko Babat Setiap Musim Hujan, Menjadi Langganan Banjir

818
Foto : Kondisi banjir di Sawo, Babat, Kabupaten Lamongan

Bengawanpost.com, Lamongan – Kelurahan/Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan, yang disebut Kota Wingko setiap hujan selalu menjadi langganan banjir. Seperti banjir kali ini, akibat hujan deras yang terjadi di Lamongan, membuat Kelurahan/Kecamatan Babat mengalami banjir hampir merata, sejak Jumat malam hingga Sabtu (26-27 Februari 2016).

Menurut Camat Babat, Fadheli Purwanto, “Banjir ini disebabkan oleh pengaruh hujan deras yang ada di Kecamatan Kedungpring dan sekitarnya. Ditambah dari Kecamatan Baureno Bojonegoro yang mana airnya masuk ke kecamatan Babat,”, ungkapnya ke media.

Selain itu, akibat banjir yang terjadi dalam beberapa hari ini, membuat banyak warga harus mengungsi, ada yang mengungsi ke Musholla bahkan ada yang keluar Kelurahan/Kecamatan Babat. Meski beberapa titik banjir telah surut, namun masih banyak kawasan Babat yang masih tergenang banjir. Hal inilah yang dikeluhkan warga.

”Kapan pemerintah belajar dari banjir sebelumnya dan seharusnya mencegah bukan cuma menangulangi saja? sampai kapan, sikap demikian dipelihara, Mana slogan saat kampanye?? Tolong wujudkan, slogan digembor-gemborkan..!! Agar semua tidak laksana iklan yang lewat begitu saja,” ujar Saikhu Mbahe Umar, salah satu warga Babat, Sabtu (27/02/2016).

Adapun banjir kali ini yang melanda Kelurahan/Kecamatan Babat, terjadi di beberapa titik. Diantaranya di Jalan Kartini, Pramuka, Gotong royong timur, Urip sumowiharjo, Perintis, Jalan Pondok, Jl. Muhiddin, Jl. Pemuda, Jl. Olah raga, Gang. Pondok dan Gang. Anggrek.

Bahkan banjir juga melanda Sekitar Kelurahan Babat yakni di Sawo, Gilang, Roworejo, Bedahan, Sambong, Sogo, Lengkong, Bulak sari, dan lain-lain. Dengan Ketinggian air mencapai 30-50 centimeter, bahkan air udah sampai memasuki perumahan warga.

Sementara itu, untuk menanggulangi banjir kali ini, dua buah pompa air sudah dioperasionalkan dua buah di dekat balai desa bedahan. Namun yang terpenting lagi, semoga fihak pemerintah lebih memperhatikan lagi biar Kelurahan/Kecamatan Babat tidak menjadi langganan banjir setiap musim hujan datang.

Yakni dengan mencegah datangnya banjir, tidak hanya cukup menanggulanginya saja, karena Kota Wingko Babat adalah sebagai kota strategis yang berada di jalan trans nasional Surabaya-Jakarta. Dan Kota yang menyambungkan beberapa Kabupaten di pantura Jatim, yakni Kabupaten Tuban, Kabupaten Bojonegoro dan Kabupaten Jombang . [Id]

LEAVE A REPLY