Komunitas BMX-DJ Bojonegoro Semarakkan Carfreeday

1245

bengawanpost.com, Bojonegoro – BMX adalah kependekan dari Bicycle Moto-Cross, BMX adalah jenis sepeda mungil dengan desain khas kecil. Sedang DJ (Dirtjump) memang masih asing ditelinga para pecinta sepeda di Indonesia. Pasalnya DJ merupakan jenis sepeda yang mirip dengan mountain bike, namun sepeda jenis ini lebih banyak digunakan untuk ajang free style. Sepeda jenis DJ ini sekarang telah menggeser popularitas sepeda fixie yang sebelumnya sudah booming di Indonesia.

Seiiring dengan diminatinya sepeda BMX dan Sepeda DJ, khususnya dikalangan remaja Indonesia menyebabkan menjamurnya komunitas-komunitas sepeda BMX-DJ bahkan ada serial filmnya di televisi. Komunitas tersebut bukan hanya merambah kota besar seperti Jakarta bahkan kota kecil Bojonegoro Jawa Timur juga banyak komunitas sepeda BMX-DJ, antara lain : BJN BMX-DJ, BMX Bojonegoro dan XTR (Xtreme Trek Rider) dan lain-lain.

Adapun salah satu Komunitas ini, yakni BJN BMX-DJ (Bojonegoro Bicycle Motocross-Dirtjump) yang berdiri sejak tahun 2012 tetap rutin ikuti event-event dan juga latihan. Sesuai dengan penuturan Ahmad isnaini putra kepada kami hari minggu (13/03/2016) saat latihan di Carfreeday Bojonegoro; “BJN BMX-DJ itu selalu aktif ikuti event dan adakan latihan untuk tingkatkan kemampuan. Mulai dari event pensi (pentas seni), event pro jam setiap tahun, CFD (carfreeday) tiap minggu di alun-alun Bojonegoro, Kopdar atau macul tiap malam minggu, dan lain-lain kami selalu mengikutinya”. Ujar putra.

Komunitas sepeda BJN BMX-DJ yang bermarkas di menilo park Tuban ini mempunyai Anggota sekitar 50 orang yang masih aktif. Putra menambahkan tentang trik dalam bermain sepeda BMX maupun sepeda DJ; “Trik pertama, trik backflip yang merupakan trik atraksi diatas BMX dengan melakukan putaran 360 derajat diarah vertikal. Trik ini ditemukan oleh Jose Yanez ditahun 1984. Namun untuk melakukan trik ini harus memiliki skill bahkan keterampilan karena jika bikers tidak bisa melakukan putaran dengan sempurna maka akibatnya bisa fatal terutama punggung atau muka bikers. Trik kedua, trik down hill merupakan trik yang digunakan ketika berada dilintasan tidak rata”. Pungkas Putra. [ID]

LEAVE A REPLY