KKN UMM Membangun Semangat Pemuda Menghadapi Asean Community

802
Foto : Kegiatan KKN 77 UMM 2016

Bengawanpost.com, Malang – Untuk membangun semangat kreatif, inovatif dan produktif generasi muda, maka kelompok 77 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), mensosialisasikan ASEAN Community (ACO) di SLTP 1 Sumbermanjing, desa Harjokuncaran, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Yang bertema “Mewujudkan generasi penerus yang kreatif, inovatif dan produkif”, Ju’mat (12/08/2016).

Menurut Ninik, Wakil Kepala SLTP 1 Sumbermanjing, mengatakan, “Terima kasih kepada KKN 77 UMM yang mensosialisasikan ACO, kami sangat mendukung setiap kegiatan-kegitan yang bernilai positif bagi pemuda/pelajar. Semoga sosialisasi ini bermanfaat untuk kemajuan kita bersama,” demikian katanya dalam sambutan pembukaan sosialisasi ACO.

Hal senada juga diungkapkan Ahmad Martadinata, Koordinator Desa (Kordes) KKN 77 UMM, “KKN bukanlah sekedar menjalankan kewajiban sebagai mahasiswa, namun juga menjadi bekal pengalaman kami mengabdi di masyarakat nantinya. Harapannya dengan sosialisasi ini, dan rangkaian program-program KKN yang kami susun, bisa menjawab kebutuhan masyarakat sekitar,” ungkap mahasiswa Ekonomi UMM dalam sambutannya.

Selain itu, Nizam Atang, selaku pemateri memaparkan, “ACO merupakan proses integrasi regional di kawasan Asia Tenggara (ASEAN). ACO memiliki tiga pilar utama yakni Ekonomi, Politik-Keamanan dan Sosial-Budaya, tujuanya untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang ada di ASEAN. Maka sebagai generasi penerus, kita harus siapkan bekal kecerdasan, keterampilan dan jiwa kompetitif dalam menghadapinya,” tandasnya.

Sementara itu, ratusan pelajar SLTP 1 Sumbermanjing dan beberapa guru sangatlah antusias dalam mengikuti sosialisasi sampai selesai. Selain program ini, kelompok KKN 77 UMM juga mempunyai program-program lain, yakni mengajar di SD Harjokuncaran 2, TPQ Darul Salam, dan membuka less private untuk 63 murid Sekolah Dasar (SD)/sederajat di posko tempat tinggal kelompok KKN 77 UMM. [Zam/Id]

LEAVE A REPLY