Kiprah LMI Bojonegoro Untuk Kemajuan Masyarakat

357
Foto : LMI Bojonegoro saat mewujudkan Program Pintar dengan memberikan beasiswa prestasi kepada pelajar di Bojonegoro.

Bengawanpost.com, Bojonegoro – Sejak Lembaga Manajemen Infaq (LMI) yang mengelola dana ZISWAF (zakat, infaq, sedekah, dan wakaf) dan dana social lainnya berdiri tahun 1995 di Kota Surabaya, Jawa Timur, sampai sekarang kiprahnya telah nyata dalam mewujudkan program rutin dan insidentil pemberdayaan masyarakat kurang mampu. Hal ini termasuk LMI Cabang Bojonegoro yang berdiri tahun 2002.

Kepala Cabang LMI Bojonegoro, Resma Edhi Satria saat ditemui di kantornya Jl. Basuki Rahmad 169 Bojonegoro menyampaikan, kehadiran LMI ini mengangkat harkat martabat masyarakat dhuafa (masyarakat kurang mampu) khususnya yang berada di Kabupaten Bojonegoro, Tuban dan Blora. Dengan berbagai program, diantaranya ada Program Pintar, Dakwah, Sehati, Emas, Yatim dan Program Kemanusiaan.

“Berkat kerjasama semua fihak, LMI Bojonegoro pada tahun 2016 ini telah menyalurkan dana sebesar Rp.750 juta kepada masyarakat tidak mampu di Bojonegoro dan sekitarnya, untuk beasiswa prestasi 100 siswa, 10 anak yatim, 5 guru berprestasi, guru-guru di 6 TPQ, Berbagai Majlis Taklim, 5 orang Usaha kecil bergantian setiap bulan, Bantuan bencana dan program lain,” ujarnya, Jum’at (16/12/2016).

Inilah pentingnya kesadaran masyarakat atas funsinya dana ZISWAF ini. lanjut Resma. LMI senantiasa berusaha menumbuhkan iklim transparansi dan profesionalitas dalam mengawal amanah masyarakat yang demikian besar. Sehingga program yang digulirkan dari dana masyarakat yang dihimpun LMI, semoga memiliki nilai tambah dan manfaat yang berlipat ganda untuk pemberdayaan masyarakat kurang mampu. *[Bp]

Inilah Program LMI dalam mengelola dana ZISWAF (zakat, infaq, sedekah, dan wakaf) dan dana social lainya :

PROGRAM PINTAR

Beasiswa Prestasi

Pembinaan siswa – siswi dhuafa dalam program yang terpola melalui pemberian beasiswa, bimbingan belajar, bimbingan spiritual, karakter, entrepreneurship dan wawasan kebangsaan sehingga menjadi siswa terbaik di sekolahnya.

Guru Prestasi

Program pemberdayaan guru melalui pelatihan, seminar, forum diskusi, dan insentif. Sehingga menjadi guru terbaik di sekolah dan lingkungannya.

Sekolah Pintar

Program pemberian bantuan secara gratis untuk biaya pendidikan tingkat pra sekolah dasar  (tingkat PAUD dan TK) bagi anak-anak dari keluarga kurang mampu (dhuafa).

PROGRAM DAKWAH DAN MASJID

Layanan Dakwah

Program pembinaan masyarakat untuk kembali kepada Islam melalui kegiatan dakwah yang meliputi tabligh, majelis taklim, pelatihan (kursus Islami), konsultasi agama Islam, pelatihan perawatan jenazah, pelatihan keluarga sakinah dan lain – lain.

Rumah Tahfidz

Program Rumah Tahfidz memadukan pendidikan formal dan non formal dalam rangka mencetak generasi penerus bangsa yang berprestasi akademik dan berakhlaq mulia.

Program Rumah Tahfidz meliputi : baca tulis Al qur’an, Menghafal Al Qur’an, Wakaf Al Qur’an, Sekolah formal dan pemberian bantuan untuk guru Al Qur’an juga biaya pendidikan untuk anak yang sedang dalam proses menghafal Al-Quran.

PROGRAM SEHATI

Rumah Sehati

Sarana layanan kesehatan terjangkau untuk memenuhi kebutuhan kesehatan khususnya untuk masyarakat kurang mampu. Yang meliputi pemeriksaan dan pengobatan umum, check-up kesehatan, khitan, layanan KB dan layanan ibu hamil.

Santunan Sehati

Program santunan kesehatan masyarakat dhuafa dengan meringankan biaya pengobatan yang dialaminya.

Layanan Ambulance

Layanan antar pasien sakit dan jenazah untuk donator dan umum secara gratis.

PROGRAM EMAS

KUBerdaya

Pemberdayaan ekonomi dalam bentuk pinjaman modal usaha dan pembinaan usaha yang sudah diseleksi oleh LMI, yang meliputi semua aktivitas yang bersifat membina usaha ekonomi. Dengan program ini diharapkan mampu meningkatkan skala usaha dan kesejahteraan masyarakat.

PROGRAM YATIM

Beasiswa Yatim

Program penyaluran bantuan biaya sekolah dan biaya hidup yang disertai pula dengan pembinaan secara berkala kepada anak yatim usia sekolah (SD, SMP, SMA) dari keluarga kurang mampu. Yang meliputi pembinaan pendidikan, kepribadian, agama, ekonomi, dan kesehatan

Dalam program ini, para donatur mendapatkan informasi perkembangan kondisi dan profil anak asuh secara berkala.

PROGRAM KEMANUSIAAN

Pemberian bantuan kemanusiaan langsung kepada korban bencana alam dengan tindakan cepat berupa makanan, minuman, obat-obatan, dan kebutuhan darurat yang lain baik fisik maupun rehabilitasi agar kembali pulih menuju kondisi normal.

Informasi lebih lanjut, untuk menjadi donatur dan penerima program LMI Area Bojonegoro, Tuban dan Blora dapat menghubungi :

Telp / WA / SMS : +62852 3562 0804 / www.LMIZakat.org / Twitter : @lmizakat / FB : LMI / Instagram : @lmizakat/

LEAVE A REPLY