Khofifah Harapkan Pasar Induk Se- Jatim Punya Pos Kesehatan dan Keamanan

308
Foto : Cagub Jatim, Budhe Khofifah, saat membeli pisang milik pedagang pasar Kota Bojonegoro, Senin (28/05/2018) dini hari.

Bengawanpost.com, Bojonegoro – Pada Senin (28/05/2018) dini hari, Calon Gubernur (Cagub) Jawa Timur (Jatim), Hj. Khofifah Indar Parawansa berkunjung di Pasar Besar / Induk Kota Bojonegoro. Dalam kunjungannya, mantan Menteri Sosial RI ini mengajak para pedagang dan pengunjung untuk sahur bersama ditengah hiruk pikuk suasana pasar pagi.

Hj. Khofifah datang didampingi sejumlah pendukungnya, diantaranya Tim Relawan BaGusS (Barisan Gus Sholah) Jatim dan Bojonegoro, Muslimat serta Partai Golkar juga Demokrat, di Pasar Besar yang terletak sebelah utaranya Alun – alun Kota Bojonegoro. Dia kemudian mendatangi sejumlah pedagang di pasar tumpah pinggir jalan sebelah timur los Pasar Besar.

Para pedagang yang ditemuinya diajak bersalaman. Sembari melempar senyum, Cagub Jatim, Hj. Khofifah yang mengusung jargon ‘Kerja Bersama untuk Jatim Sejahtera’ ini mengacungkan jari satu alias nomor satu sebagaimana urutan penomoran di Pilkada Jatim 2018.

“Kulo nyuwun pangestune, njeh.. (Saya minta doa restu, ya, red),” ucap Budhe Khofifah (Sapaan akrab Hj. Khofifah Indar Parawansa, red) kepada beberapa pedagang yang disalaminya.

Di tengah – tengah kunjungannya, Budhe Khofifah menyempatkan memborong belanjaan, terutama kebutuhan pokok, seperti ikan laut, ikan tawar, dan ayam di pasar tumpah pagi bagian utara. Tak hanya itu, perempuan asal Kota Surabaya ini juga memborong sejumlah hasil kebun. Ada pisang, semangka, dan blewah. Pedagang yang barangnya dibeli merasa senang.

Mendekati jam makan sahur, sekitar pukul 03.15, Budhe Khofifah berhenti di warung pinggir jalan pinggir pasar. Di tempat itulah dia makan sahur bersama. Selain itu, panitia dari tim pendukungnya membawa ratusan bungkus nasi yang dibagi – bagikan kepada para pengunjung dan pedagang pasar.

Foto : Cagub Jatim, Budhe Khofifah didampingi Ketua PC Muslimat NU Kabupaten Bojonegoro, Ririn Muktamiroh dan para pedagang sedang sahur bersama, di Pasar Kota Bojonegoro, Senin (28/05/2018) dini hari.

Kemudian ketika Budhe Khofifah sedang makan sahur, terlihat sejumlah warga tampak ikut nimbrung di warung tempat Budhe Khofifah sahur. Sejumlah warga yang didominasi ibu – ibu tidak mau kehilangan momen. Mereka rela berdesakan demi bisa bersalaman dan berfoto dengan Budhe Khofifah.

Selanjutnya, usai keliling pasar dan menyempatkan sahur bersama warga, Budhe Khofifah menyampaikan beberapa hal. Salah satunya soal perlindungan dan jaminan kesehatan kepada pedagang yang berjualan pada malam hari. Terlebih mayoritas dari mereka adalah perempuan.

“Kami bisa melihat pasar yang buka tengah malam (Pasar Induk / Besar), hampir 80 persen didominasi perempuan. Mereka perempuan tulang punggung keluarga. Disaat masyarakat lain tertidur, mereka harus bekerja cukup keras di pertengahan malam,” ujar Budhe Khofifah.

Budhe Khofifah menegaskan, perempuan hebat tersebut perlu mendapatkan perlindungan. Seperti menyiapkan petugas yang selalu berkeliling untuk menjaga mereka. Selain itu, pasar yang buka tengah malam seharusnya membuka posko kecil untuk pengamanan.

“Setiap pasar yang buka malam / Pasar Induk di seluruh Kabupaten / Kota Se- Jatim, saya kira sangat perlu didirikan posko layanan perlindungan dan kesehatan kepada perempuan. Karena didalamnya terdapat lansia yang penting dijaga kesehatannya,” tegas Budhe Khofifah.

Foto : Ketua BaGusS Kabupaten Bojonegoro, H. Edy Suhartono (Kiri – duduk) sedang mendampingi blusukannya Cagub Jatim, Budhe Khofifah, di Pasar Kota Bojonegoro, Senin (28/05/2018) dini hari.

Sementara itu, program yang digagas Khofifah tersebut disambut antusias oleh para pedagang di Pasar Kota Bojonegoro. Salah satunya Muzayah, Wanita yang berjualan sayur tersebut mendukung Budhe Khofifah dan Emil. Bahkan ia mengaku tidak kali ini saja mendukung Budhe Khofifah.

“Coblosan yang dulu itu saya juga nyoblos Budhe Khofifah. Wes kudu sukses kali ini. Wis wayahe, beliau itu amanah, perempuan yang tangguh dan dapat dipercaya,” tandasnya.

Masih dalam kesempatan ini, Ketua BaGusS Kabupaten Bojonegoro, H. Edy Suhartono berharap Paslon Budhe Khofifah dan Emil bisa menang mutlak pada Pilkada 2018 dibumi Angkling Dharmo. Karena Program Nawa Bhakti Satya atau sembilan janji kerja untuk berbakti ke Jatim agar mulia yang diusung Paslon No. 1 ini sudah sesuai harapan masyarakat.

“BaGusS Bojonegoro mengajak kepada masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya secara cerdas dalam Pilgub Jatim 27 Juli 2018, yakni dengan mencoblos Paslon No. 1 Budhe Khofifah dan Emil,” kata H. Edy Suhartono kepada awak media usai acara.

Penting diketahui, berikut Program Nawa Bhakti Satya yang diusung Paslon Gubenur – Wagub Jatim, Budhe Khofifah – Emil. Yakni Jatim Sejahtera, Jatim Kerja, Jatim Cerdas dan Sehat, Jatim Akses, Jatim Diniyah, Jatim Agro, Jatim Bedaya, Jatim Amanah, serta Jatim Harmoni. *[Bp]

LEAVE A REPLY