Ketua KPU RI Resmikan Launching Tahapan Pilkada Bojonegoro 2018

168
Foto : Ketua KPU RI Arief Budiman didampingi Ketua KPUD Kabupaten Bojonegoro, Abdim Munip dan Forkopimda, saat menabuh beduk untuk menandai peresmian Launching Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bojonegoro Tahun 2018, Jum’at (01/12/2017) malam.

Bengawanpost.com, Bojonegoro – Ketua Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI), Arief Budiman meresmikan Launching Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bojonegoro Tahun 2018, di Vermilion Ballroom Dewarna Hotel – Jl Veteran No. 55, Bojonegoro, Jawa timur, Jum’at (01/12/2017) malam.

Launching yang digelar KPUD Kabuapten Bojonegoro ini, dihadiri juga Ketua KPUD Provinsi Jatim, Eko Sasmito, dan Komisioner KPUD Kabupaten tetangga, Forkopimda bersama SKPD terkait, Panwaslukab, Para Ketua Parpol, Forkopimca juga PPK Se- Kabupaten Bojonegoro, FKUB, serta undangan lainnya

“Tujuan launching ini untuk meminta dukungan semua elemen, agar pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bojonegoro tahun 2018 nanti bisa berjalan jujur dan damai,” demikian sambutan Ketua KPUD Kabupaten Bojonegoro, M. Abdim Munip dalam launching ini.

Dijelaskannya, bahwa Tahapan Pilkada Bojonegoro tahun 2018, telah dilaksanakan sejak Juni 2017 lalu. Kemudian saat ini masuk tahap pemutakhiran data pemilih, dan daftar pemilih dijadwalkan dari tanggal 30 Desember 2017 hingga 9 Maret 2018.

Ditambahkannya, sedang untuk pengumuman Daftar Pemlih Sementara (DPS) dilaksanakan pada tanggal 24 Maret hingga 2 April 2018, dan selanjutnya dalam penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada tanggal 13 hingga 19 April 2018.

Lebih lanjut Abdim Munip memaparkan terkait garis besar tahapan pendaftaran pasangan calon. Yakni mulai pengumuman pendaftaran pasangan calon pada tanggal 1 sampai 7 Januari 2018. Lalu pendaftaran pasangan calon 8 sampai 10 Januari 2018.

“Kepada semua fihak terkait untuk mendapatkan pengumuman dokumen dan syarat pasangan calon bisa diakses di laman KPU Kabupaten Bojonegoro,” papar Munip sapaan Ketua KPUD Kabupaten Bojonegoro ini.

Sedangkan untuk memperoleh tanggapan dan masukan masyarakat pada tanggal 10 sampai 16 Januari 2018, dan pemeriksaan kesehatan bagi pasangan calon dilaksanakan pada tanggal 8 sampai 15 Januari 2018.

“Untuk penetapan pasangan calon pada tanggal 12 Februari 2018,” tambah Munip.

Foto : Suasana Launching Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bojonegoro Tahun 2018, di Vermilion Ballroom Dewarna Hotel – Jl Veteran No. 55, Bojonegoro, Jawa timur, Jum’at (01/12/2017) malam.

Kemudian untuk penetapan nomor urut pasangan calon pada tanggal 13 Februari 2018, dan masa kampanye, pertemuan tertutup dan terbuka, dialog, penyebaran bahan kampanye, dan pemasangan alat peraga, dan atau kegiatan lainnya termasuk debat publik, pada tanggal 14 Februari sampai 23 Juni 2018. Lalu Masa tenang dan pembersihan alat peraga pada tanggal 24 sampai 26 Juni 2018.

“Jangan lupa pada tanggal 27 Juni 2018, marilah kita semua datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk memilih Bupati dan Wakil Bupati Bojonegoro yang sesuai harapan kita masing – masing,” jelas Munip seraya mengajak.

Masih dalam kesempatan ini, Ketua KPU RI, Arief Budiman mengingatkan tugas-tugas penyelenggara pemilu, agar bekerja dengan transparansi dan integritas. Menurutnya, pelaksanaan pemilu di Indonesia sejak tahun 2014 mendapat apresiasi institusi dalam maupun luar negeri.

“Untuk menyukseskan pemilu di Indonesia, pada  awal era reformasi kita banyak mendapatkan bantuan dari luar negeri. Dan sekarang fihak luar negeri sangat merespon dan mengapresiasi kita dengan belajar pemilu di Indonesia yang dinilainya pelaksanaan berkwalitas baik dan demokratis,” ucap Ketua KPU RI, Arief Budiman.

Arief Budiman juga menyampaikan, bahwa untuk menjaga penilaian baik terkait pemilu di Indonesia, maka diharapkan pelaksanaan Pilkada Bojonegoro nanti dapat berjalan baik, dan demokratis. Sehingga Bojonegoro bisa salah satu penyumbang catatan baik pelaksanaan pemilu di Indonesia.

“Mari kita jaga penilaian baik terhadap pelaksanaan pemilu di Indonesia ini. Diantaranya yakni dengan KPUD Bojonegoro dapat secepatnya mengumumkan hasil pemungutan suara Pilkada Bojonegoro tahun 2018 nanti,” pinta Arief Budiman seraya berharap.

Sementara itu, usai memberikan sambutan. Ketua KPU RI Arief Budiman dengan didampingi Ketua KPUD Kabupaten Bojonegoro bersama Forkopimda menabuh beduk untuk menandai peresmian Launching Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bojonegoro Tahun 2018. *[Bp]

LEAVE A REPLY