Kang Yoto Sampaikan 4 Pelajaran dari Nabi Ibrahim A.S

410
Foto : Bupati Bojonegoro, Drs. H. Suyoto, M.Si., (Kang Yoto) saat menyerahkan hewan qurban untuk takmir Masjid Al Muttaqin Desa / Kecamatan Ngasem

Bengawanpost.com, Bojonegoro – Pada Idul Adha 1437 H ini, Senin (12/09/2016) Bupati Bojonegoro, Drs. H. Suyoto, M.Si., (Kang Yoto) melaksanakan Sholat di Masjid Al Muttaqin Desa / Kecamatan Ngasem. Kang Yoto Hadir bersama Sekda Kabupaten Bojonegoro, Soehadi Muljono dan jajaran pemkab beserta Camat Ngasem serta Muspika setempat.

Sebelum Sholat, Kang yoto memberikan sambutan, tentang 4 pelajaran dari Nabi Ibrahim, yaitu pentingnya kalahkan hawa nafsu dengan tauhid, perhatian terhadap negeri, pengorbanan dan perhatian terhadap pemuda. Menurutnya Nabi Ibrahim contoh sempurna dalam mengalahkan hawa nafsunya untuk membuktikan kesetiaan kepada Allah SWT.

“Nabi Ibrahim rela mengembara, menyembelih putranya, melawan rajanya sendiri dan bahkan meninggalkan orang tuanya demi memenuhi perintah Allah. Padahal dibalik kerelaan dan pengorbanan itu, Nabi Ibrahim adalah pribadi yang dekat dan sayang dengan semua yang ditinggalkannnya,” tuturnya.

Lebih lanjut Kang Yoto menjelaskan, “Kita semua juga tahu Nabi Ibrahimlah yang berdoa agar negerinya aman sejahtera atau baldatun toyyibatun warobbun ghofur. Sejarah membuktikan bahwa para pemimpin zaman di dunia ini adalah anak turun Nabi Ibrahim. Ini semua dapat terjadi karena beliau sejak awal sangat peduli dengan pendidikan generasi muda,” jelasnya.

Kang Yoto menambahkan, Bojonegoro sekarang dikenal dari luar bukan hanya tempatnya banjir, kekeringan, pengangguran, kemiskinan dan mencari pembantu. Ini semua, hasil kerja cerdas, tepat, dan cepat  kita semua, sehingga berbagai  terobosan  ditemukan dalam mengatasi masalah. Jalan pembangunan untuk menjadikan Bojonegoro baldatun toyyibatunn warobbun ghofur atau kabupaten matooh yang selalu dalam ampunan Allah masih panjang.

“Agar kesejahteraan terus meningkat dan kemiskinan berkurang, kita harus terus membangun pertanian dengan mengoptimalkan lahan, pengelolaan air, bibit yang baik, pola tanam dan panen yang tepat. Kita bersyukur produksi padi Bojonegoro tahun lalu mencapai 907 ribu ton dan jika kita sungguh sungguh produksi ini akan terus bisa meningkat di masa-masa mendatang,” tambahnya.

Selain itu, Kang Yoto memaparkan, bahwa dalam rangka menciptakan lapangan pekerjaan dan pendapatan rakyat, maka kita akan terus dorong industri masuk pedesaan, penguatan sektor jasa baik bidang pendidikan dan kesehatan, sektor wisata baik yang berbasis komunitas pedesaan maupun usaha padat modal wisata akan terus kita pacu pertumbuhannya dengan berbagai kebijakan insentif lokal, begitu juga dengan sektor perdagangan dan jasa.

“Untuk mendorong industri, wisata dan jasa, Bojonegoro memerlukan banyak lulusan diploma, para pekerja seni dan wisata yang handal, dan juga kesiapan sumberdaya manusianya yang siap terjun dalam dunia kerja atau dalam menciptakan lapangan pekerjaan,” paparnya.

Sementara itu, Kang Yoto mengajak masyarakat Bojonegoro meneladani Nabi Ibrahim, caranya dengan mengalahkan egoisme, mencintai daerah kita, dengan menghadirkan masa depan yang lebih baik, dan kelola semua potensi dengan sebaik-baiknya, serta mewujudkan generasi sehat lahir batinnya, cerdas, produktif beramal sholeh, yang karyanya kelak laku dan diakui kebaikannya banyak pihak, generasi yang kelak hidupnya lebih bahagia dari kita hari ini.

“Perhatikanlah bakat dan pendidikan anak usia dini, sekolah dasar dan menengahnya. Beri kesempatan mereka tumbuh sehat dengan bakat. Ingat, tidak semua anak berbakat menjadi dokter, tidak semua harus sekolah umum, kuliah S1. Banyak anak sukses hidupnya, mandiri dengan sekolah ketrampilan atau vocasional, maka bimbinglah mereka masuk SMK / kuliah diploma,” ungkapnya.

Setelah pelaksanaan sholat, selanjutnya Kang Yoto menyerahkan hewan qurban untuk takmir Masjid Al Muttaqin, berupa satu ekor sapi. Dan ditempat terpisah, Wakil Bupati Bojonegoro, Setyo Hartono, MM., melaksanakan Sholat Idul Adha di Masjid Agung Darussalam bersama dengan Isteri juga Keluarga dan didampingi Pejabat Jajaran Pemkab Bojonegoro. [Bp]

LEAVE A REPLY