Kang Yoto Bupati Inspiratif dari Kota Kecil Yang Mendunia

730
Foto : Kang Yoto, Bupati Bojonegoro, saat menjadi pembicara di Seminar Internet Sehat RTIK Bojonegoro

Oleh : Namin AB Ibnu Sholihin

Saya di undang oleh Relawan TIK Bojonegoro untuk mengisi acara Seminar Internet sehat, selain saya yang menjadi pembicara adalah Mas Donny Bu dari ICT Watch dan sebagai pembuka adalah Bupati Bojonegoro yaitu Kang Yoto. Karena Tekhnologi dan Internet Bupati Bojonegoro Bisa Berbicara Bahasa Inggris dan tampil di event-event Internasional.

Pagi itu sekitar 400 orang yang terdiri dari Guru, Mahasiswa, Pelajar dan pejabat terkait di Pemda Kabupaten Bojonegoro seperti Kominfo dan Kepala Dinas Pendidikan menghadiri acara Seminar Internet Sehat yang dilaksanakan oleh Relawan TIk Bojonegoro bertempat di pendopo Malowopati Bojonegoro.

Acara diawali dengan sambutan-sambutan, sambutan pertama dari ketua Relawan TIK Bojonegoro Mas Rifaun Naim kemudian dilanjutkan sambutan dari pihak Exxon Mobil yaitu Mas Dave A serta dilanjutkan dengan sambutan dan pembukaan oleh Bupati Bojonegoro yaitu Kang Yoto.

Berbeda dengan bupati pada umumnya dimana ketika saat sambutan formal seperti terlihat sangat serius dan kaku. Kang Yoto sapaan akrab bagi Bupati Bojonegoro ini menyampaikan sambutan dengan sangat santai bahkan malah terlihat layaknya seperti seorang inspirator sekelas Kak Jamil Azzaini.

Pada saat sambutan beliau menyampaikan bagaimana tekhnologi dan internet telah membawa perubahan besar bagi kehidupannya. Saat pertama kali beliau menjadi bupati beliau belum sama sekali bisa berbahasa inggris jadi setiap ada tamu dari luar negeri maka beliau di dampingi oleh penerjemah.

Namun ditengah perjalanan kang Yoto berfikir bagaimana beliau bisa membangun komunikasi dengan baik dan berkiprah di dunia internasional jika tidak menguasai bahasa inggris, dari sinilah beliau bangkit untuk belajar bahasa inggris secara otodidak.

Saat pertama kali belajar bahasa inggris beliau menggunakan handphone Blackbarynya dan pada saat itu belum zamannya android seperti sekarang ini, yang beliau lakukan adalah mendownload aplikasi kamus bahasa inggris.

Nah, ditengah-tengah kesibukan beliau sebagai bupati, beliau selalu menyempatkan untuk belajar lewat kamus bahasa inggrisnya yang ada dikamusnya.
Kehadiran android telah membawa kang Yoto semakin lancar. berbicara menggunakan bahasa inggris.

Aplikasi android memang gudang ilmu dan akhirnya beliau memanfaatkan hanphone androidnya untuk beljajar bahasa inggris. Selain itu Kang Yoto belajar bahasa inggris juga melalui tayangan-tayangan berita Internasional yang ada di Televesi dari sinilah beliau belajar bagaimana berkomunikasi.

Kang Yoto memang sosok sang pembelajar. Tidak puas dengan kemampuan bahasa Inggrisnya akhirnya beliau pun belajar lagi secara otodidak melalui Youtube yaitu sebuah acara presentasi paling bergengsi di dunia yaitu TedxTalks dari sinilah saya memahami bagaimana beliau bisa presentasi sehebat itu, ternyata beliau belajar banyak dari acara yang memang sangat inspiratif tersebut. Saya termasuk orang suka juga menonton Tedx tapi versi bahasa Indonesianya. He..he.. maklmum bahasa inggris saya belum sehebat kang Yoto.

Sebagai pemimpin kang Yoto juga melihat pidato-pidato presiden terbaik dari seluruh negara seperti Barack Obama. Beliau juga melihat tayanga-tayangan debat Capres dari seluruh dunia dan semua beliau lakukan hanya dalam genganggaman tangannya yaitu menggunakan kecanggihan Teknologi dan Internet.

Maka beliau mengatakan Jika suatu saat jadi Calon presiden sudah siap untuk ikut debat menggunakan bahasa Inggris. Tekadnya belajar bahasa Inggris lewat teknologi dan internet telah menghasilkan sesuatu yang luar biasa. Beliau sebagai salah satu bupati di dunia yang sering diminta untuk berbicara di forum-forum internasional dan tentu menjadikan Bojonegoro yang akhirnya dikenal di dunia internasional.

Apalagi kehebatan kang Yoto? Cobalah anda datang ke Bojonoegoro sebuah kota kecil yang indah dan telah mendapatkan penghargaan adipura dan berbagai penghargaan internasional memang layak dikunjugi. Tanyalah kepada masyarakat Bojonegoro bagaimana selama dua periode kang Yoto memimpin Bojonegoro telah menjadikan kota kecil itu terkenal di level internasional.

Beruntung bagi teman-teman Relawan TIK Bojonegoro seluruh kegiatan yang dilakukan teman-teman untuk mencerdaskan Bojonegoro telah mendapatkan support yang luar biasa, sehingga program-program mereka berjalan dengan lancar. Semoga banyak bupati seperti kang Yoto ini. Mungkin tidak banyak media yang meliput sosok inspiratif ini, tapi saya yakin orang hebat seperti beliau akan dikenang oleh masyaratnya karena kearifannya dalam memajukan kota kecil yang indah ini.

Terima kasih kepada teman-teman Relawan TIK Bojonegoro, Mas Rifaun Naim, Mas Selamet Oerip, Mbak Nova Wijaya dan teman-teman lainnya untuk mengundang saya menjadi salah satu pembicara dalam acara tersebut.

Penulis adalah : Motivator Pendidikan

LEAVE A REPLY