Jalan Menjadi Selebgram Yang Raup Jutaan Rupiah

970
Foto : Selebgram Madinah Agiesta

Wawancara : Madinah Agiesta (Motivasi Fashion Selebgram)

Bengawanpost.com – Media sosial instagram sudah menjadi lifestyle bagi kaum muda sekarang. Tidak hanya bagi pecinta fotografi, tapi instagram kini juga sudah menjadi sarana seseorang untuk bisa menjadi tenar/hits dan terlebih dapat menghasilkan pundi-pundi uang melalui berbagai kretifitas mereka.

Sehingga bukan menjadi rahasia jika mereka yang tenar adalah akun yang memiliki ratusan ribu pengikut atau follower dan dengan bermodal jumlah pengikut itulah mereka dapat menghasilkan uang melalui iklan-iklan atau biasanya disebut endorse sis.

Penghasilan dari instagram ini pun tidak main-main, bahkan kebanyakan mengalahkan gaji PNS kota besar (kecuali PNS Koruptor). Tidak percaya? Edisi kali ini, Bengawan Post akan mengulas kisah salah satu selebgram (sebutan untuk selebriti instagram). Siapa dia?

Namanya Madinah Agiesta, lahir di jakarta, 20 agustus 1995, kuliah di Universitas Persadai yai yang akrab dipanggil Nena. Pemilik akun instagram @nenagiesta ini pertama kali membuat akun instagram pada tahun 2010 dan mulai menjadi selebgram di tahun 2013.

Dan sekarang pengikutnya di instagram sudah mencapai 27.8K. Bagi kamu yang sering eksis di instagram hal tersebut tentu bukan hal yang biasa tetapi luar biasa, karena ini menyangkut apresiasi netizen terhadap karya pemilik akun di instagram.

Dari wawancara yang tim BP lakukan, diketahui bahwa selain keeksisannya di dunia maya melalui instagram sekarang, tidak lepas dari prestasi yang ditorehkannya di dunia nyata. Adapun prestasi yang pernah ditorehkannya ant ara lain;

Juara 1 Hijab Fashion se Jakarta Pusat, Duta BNN tahun 2008-2010, striping reality show disalah satu TV Swasta dan yang paling penting pernah menjadi guest DJ dan Cabegram (cantik banget instagram) di radio 96.7 hitzfm yang menghantarkannya pada dunia selebgram.

Nena menceritakan bagaimana dia memasuki dunia selebgram,”dulu diawali tahun 2013, ada temen yang minta tolong gue buat jadi model clothing distronya, ya gue mau mau aja. Ga ada dikasih apa-apa tuh, gratisan aja. Tapi ya gue seneng aja karena difoto-foto. Seiring berjalan waktu, gue mulai dikenal dan banyak kenalan usaha-usaha semacam clothing dan lifestyle, ya gue akhirnya mulai menjadikan ini lebih profesional.” Beberapa brand yang sudah meminta jasa Nena untuk endorse atau mengiklan produk mereka antara lain; 3second, kemejaku_id, tenshes, tokokacamatameneermadane dan brand lainnya.

Tapi tahukah kalian, dibalik kesusksesannya, ada banyak kisah dan lika liku berat yang harus dia lewat? Nena mengakui bahwa prestasi yang ia dapat tidaklah instan, banyak lika-liku kehidupan yang ia lewati dengan penuh kesabaran dan semangat.

Nena mengatakan, “gue itu termasuk anak yang keras kepala, kalau udh mau A yaudah A gabisa pindah walaupun ada pengaruh dimana-mana, prinsip hidup yang kuat da harus berdiri tanpa ada yang namanya gengsi karena jadi orang yang apa adanya itu susah, Gengsi itu mahal harganya, apalagi ga enakan sama orang, Kita bakal bisa ditindas secara tidak langsung sama orang ketika hidup, kita itu tidak punya prinsip dan komitmen, apa yg mau kita capai sampe dimana titik itu ada dan kita akan raih sendiri dalam kondisi apapun.”

Dia menceritakan, “gue sering diremehin sama temen-temen, ada yang bilang sukses itu cuma mimpi buat gue, pokoknya macem-macem deh. Tapi, karena gue orangnya keras kepala, ya gue berpikir supaya ga stuck di masalah ini dan cuma dengerin cemohan orang yg bikin down, drop dan ga mau ngapa-ngapain karna enough buat gue,” ungkapnya dengan ekspresif.

Disamping keras kepalanya Nena, ternyata sosok orang tualah yang paling pertama untuk selalu membangkitkan semangatnya.

“Ada banyak orang yg terus bikin gue bangkit, terumata ya orang tua gue, nyokap sih terutama dia yg bener-bener ceramahin gue kalau kita hidup bukan makan dari omongan orang. cuek! Satu kata itu yg gue tanemin sampe detik ini yaitu CUEK. Sampai sekarangpun gue ga perduli kata orang mau gue seperti apa, kaya gimana kek gue ya nyokap gue bilang mereka seperti itu karena IRI dan ga akan bisa kaya kam. nyokap gue juga ngajarin caranya bersyukur, ibadah yg baik supaya sukses itu dateng karna usaha lo, proses lo, dan kesabaran lo. dan beliau selalu bilang namanya hidup untuk dapetin apa yg kita mau itu ga ada yg instant, coba km liat mie goreng/soto yang katanya instant itu perlu dimasak dulu kan, kita nunggu kan untuk mie itu mateng baru kita bisa makan? YES nyokap gue emang the best. gue baru bisa mikir, inilah kadang kerasnya hidup, persaingan dimana2, dan apalagi ditambah banyak orang yang gasuka sama lo,” dengan mata yang berbinar Nena meceritakan.

Selesai dengan kisah suksesnya yang heroik, kami menanyakan, apa sebenarnya arti kesuksesan bagi Nena.

Dia menjawab, “semua kunci sukses yang sebenernya ada di ridho orangtua. Uang bukanlah segalanya kebahagiaan gue. Tapi ngeliat nyokap gue seneng karna pencapaian apa yang gue raih itu yang bikin gue bahagia. Karena kebahagiaan bukan diukur pake materi walaupun semua butuh materi. intinya, lo harus menikmati semua prosess kesuksesan lo, gue bilang kaya gini bukan karna gue udah suksess terus sombong, engga kok tapi gue bilang kaya gini supaya kalian terus semangat dalam pencapaian suksess tersebut.”

Di sesii akhir wawancara kami sentil Nena dengan pertanyaan, “memangnya sekarang penghasilan Nena dari Instagram bisa mencapai berapa dalam sebulan?” Awalnya Nena enggan mengungkapkan, karena menurut dia itu RP alias rahasia perusahaan. Namun dengan sedikit memaksa akhirnya Nena menjawab, “biasanya 1 hari shoot untuk 10 artikel, gue bisa dapet 1 juta sehari, ya ga setiap hari sih, tapi yha lumayanlah buat gue untuk nyambung hidup,” disambung dengan nyinyir malu.

Selain menjadi selebgram, ternyata Nena juga memiliki impian bikin bisnis kuliner. Kita doakan saja semoga terkabul, Aamiin. Dan bagi kalian yang punya impian untuk jadi seperti Nena, ikuti saran dan motivasi yang sudah dia sampaikan ke tim Bengawan Post, selamat mencoba dan semoga berhasil seperti Nena.

Kiriman : Naufal Fauzan (@naufalfauzaan)

LEAVE A REPLY