Inilah Semarak Festival Bengawan 2016

1143
Foto : Peserta "Festival Perahu Bengawan 2016" saat start di Bendungan Gerak Bengawan Solo, Desa Ngringinrejo, Kecamatan Kalitidu, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

Bengawanpost.com, Bojonegoro – Untuk semarakkan Hari Jadi Bojonegoro (HJB) ke-339, Pemkab Bojonegoro gelar Festival Perahu Bengawan 2016, Minggu (25/09/2016). Dengan diikuti 40 peserta, Festival diberangkatkan Bupati Bojonegoro, Drs. H. Suyoto (Kang Yoto) dari start Bendungan Gerak Desa Ngringinrejo, Kecamatan Kalitidu, Kabupaten Bojonegoro.

Festival yang rutin dilaksanakan setiap tahun ini, juga dihadiri jajaran Forpimda Bojonegoro, tamu undangan perwakilan Dinas Pariwisata Jawa Timur, perwakilan dari Blora, Rembang, Nganjuk dan Surabaya. Selain perahu hias, Festival dimeriahkan upacara adat, hiburan masyarakat, pameran, lomba kuliner, foto, bersih-bersih Bengawan dan lainnya.

Kang Yoto dalam sambutannya menyampaikan, “Festival ini bertujuan menyadarkan akar peradaban Bojonegoro tidak terlepas dari Bengawan Solo. Maka perlakukanlah Bengawan dengan baik dan lembut layaknya sebagai Ibu, bukan dengan penuh keserakahan, sehingga Bengawan bermanfaat menjadi ladang mata pencaharian kita sehari-hari,” ujarnya.

Sementara itu, terliat ribuan masyarakat menonton Festival di sepanjang tempat start sampai finish di Taman Bengawan Solo (TBS) Bojonegoro. Sedangkan pemenang Festival yang mendapat juara I kategori partisipasi Desa adalah Perahu Mbah Balok dari Desa/Kecamatan Trucuk, dan juara I kategori umum dimenangkan perahu Mliwis Putih dari Bank Jatim. *[Bp]

LEAVE A REPLY