Inilah Perjuangan Petani Bersama Koramil Padangan Menuju Swasembada Beras Nasional

88
Foto : Babinsa Koramil 0813-11/Padangan, Serka Sugito bersama para petani saat menanam padi, Senin (04/12/2017).

Bengawanpost.com, Bojonegoro – Guna meningkatkan swasembada beras dan menjaga ketahanan pangan nasional, jajaran Satuan Komando Kewilayahan TNI AD terus menerus melakukan upaya percepatan khusus dalam program Upsus Pajale.

Memasuki Masa Tanam II Oktober – Maret, Kodim 0813 Bojonegoro melalui para Babinsa di masing-masing Koramil terus melakukan upaya pendampingan bagi kelompok-kelompok tani di wilayahnya guna meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil panen.

Kegiatan pendampingan pertanian ini juga terlihat di wilayah Koramil 0813-11/Padangan. Melalui peran aktif para Babinsanya di lapangan dalam bidang pertanian, sangat terasa ikatan yang kuat antara Babinsa bersama masyarakat kelompok tani saat menanam padi.

Hal ini terlihat jelas, saat Serka Sugito membantu para petani menanam padi di wilayah binaannya Desa Kendung dan Desa Kebonagung – Kecamatan Padangan. Dalam kesempatan itu Serka Sugito turun membaur bersama para petani yang sedang menanam padi Masa Tanam II Oktober – Maret di areal persawahan.

Foto : Babinsa Koramil 0813-11/Padangan, Serka Sugito bersama para petani saat menanam padi, Senin (04/12/2017).

Danramil 0813-11/Padangan, Kapten Inf Jayin mengatakan, para Babinsa sejauh ini senantiasa memberikan pendampingan dan bantuan bagi para petani di masing-masing wilayah bianaannya. Dalam masa tanam seperti ini, mereka menanam padi dengan sistem jajar legowo yang disosialisasikan para Babinsa bekerjasama dengan para petugas penyuluh pertanian.

“Dengan sistem jajar legowo yang sudah melalui riset tentunya kami berharap kelompok – kelompok petani akan mendapatkan hasil panen yang berkualitas, sehingga mampu menjadikan kesejahteraan bagi mereka,” ujar Danramil 0813-11/Padangan, Kapten Inf Jayin, Senin (04/12/2017).

Sementara itu, Wanto salah seorang petani Desa Kendung berterima kasih atas bantuan dari pihak TNI dalam upaya peningkatan kualitas dan kuantitas hasil panen padi para petani. Dirinya berharap agar ikatan kerjasama yang baik ini tetap terjaga dan terbina secara berkesinambungan antara Petani – Babinsa – dan Petugas Penyuluh Pertanian.

“Kerjasama ini menjadikan suntikan semangat bagi kami untuk menyediakan pangan bagi negara, inilah perjuangan dan bakti kami bagi NKRI,” pungkas Wanto penuh semangat. *[Bp]

LEAVE A REPLY