Inilah Keunikan Pelombaan 17 Agustusan

515
Foto : Lomba tarik tambang untuk semarakan HUT RI Ke-71 di Makodim Bojonegoro

Bengawanpost.com, Bojonegoro – Dalam rangka Memperingati dan memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-71, Kodim 0813 Bojonegoro, menggelar berbagai perlombaan tradisional, seperti lari kelereng, makan kerupuk, joget balon hingga tarik tambang, di Markas Kodim 0813, Jalan Hos Cokroaminoto, Bojonegoro, Jawa Timur, Selasa (16/08/2016).

Personel TNI Jajaran Kodim 0813 Bojonegoro, Persit KCK Cabang XXVIII dan Masyarakat Umum, turut menyemarakkan perlombaan tersebut.

Kapten Inf Andi Siswanto, selaku Ketua panitia perlombaan menjelaskan, acara ini dalam rangka memeriahkan HUT RI sekaligus untuk melestariakan permainan tradisional. Sebab, permainan ini sudah mulai punah apalagi jenis pemainan tarik tambang.

“Memperingati 17 Agustus, sekaligus melestarikan permainan jaman dahulu. Sebab, sekarang ini permainan ini sudah jarang dimainkan. Panitia juga menyediakan berbagai hadiah untuk yang memenangi perlombaan,” jelasnya.

Sertu Indarto, salah seorang peserta Tim lomba tarik tambang merasa senang dengan diadakan lomba 17-an ini. Meskipun timnya tidak menjadi juara dalam lomba tarik tambang putra yang diadakan oleh Kodim 0813 Bojonegoro tersebut.

Seneng pokok’ e mas, Benno kalah sing penting melu (senang pokoknya mas, meski kalah yang penting ikut),” akunya dengan logat Jawanya yang kental.

Sementara itu, Dandim 0813 Bojonegoro, Letkol Inf M. Herry Subagyo, dengan digelarnya berbagai perlombaan tahunan ini, selain untuk menjaga kesolidan, juga sebagai wahana untuk meningkatkan silahturahmi dengan berbagai elemen masyarakat.

“Meski jaman sekarang permainan sudah modern dan canggih, namun masih bisa mengingat permainan jaman dahulu,” terangnya. [Bp]

LEAVE A REPLY