Inilah Kesiapan Operasi Lilin Semeru 2016 Untuk Menjaga Kamtibmas

626
Foto : Bupati Bojonegoro Drs. H. Suyoto (Kang Yoto) saat Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Semeru 2016, Kamis (22/12/2016).

Bengawanpost.com, Bojonegoro – Untuk menjaga dan memelihara Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) dalam perayaan Natal 2016 dan Tahun Baru 2017. Prajurit TNI Kodim 0813 Bojonegoro ikuti Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Semeru 2016, di Alun-alun Pemkab Bojonegoro, Jawa Timur, Kamis (22/12/2016).

Apel Gelar Pasukan yang dipimpin Bupati Bojonegoro Drs. H. Suyoto (Kang Yoto) ini, diikuti juga oleh Subdenpom, Anggota Polres beserta Jajarannya, Subden Pelopor Ki 3/C Bojonegoro, Satpol PP, Dishub, BPMPD, Senkom, Banser, Security, Linmas, Muspika se- Kabupaten Bojonegoro, serta anggota IPSI dan Pramuka Bojonegoro.

Tampak hadir pula jajaran Forpimda Bojonegoro, diantaranya Dandim 0813 Bojonegoro Letkol Inf M. Herry Subagyo, Kapolres AKBP Wahyu Sri Bintoro, Ketua DPRD Mitroatin, serta juga Ketua FKUB KH. Alamul Huda, para SKPD, Pimpinan Gereja di Kabupaten Bojonegoro, Tokoh Agama dan Masyarakat.

Dalam sambutannya, Bupati Kang Yoto yang membacakan amanat Kapolri menyampaikan, Kegiatan ini untuk pengecekan akhir kesiapan Polri dalam pengamanan perayaan natal 2016 dan tahun baru 2017. Baik aspek personel, sarana prasarana, anggaran serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda, dan lainnya.

“Dalam Operasi Lilin Semeru ini akan dilaksanakan selama 10 hari, mulai tanggal 23 Desember 2016 sampai 1 Januari 2017,  dengan mengerahkan 85.744 personil Polri yang dibantu instansi terkait. Oleh karenanya, kami berharap kepada seluruh personil pengamanan agar bekerja dengan sungguh-sungguh,” ujar Kang Yoto.

Lebih lanjut Kang Yoto menyampaikan, seiring dengan perkembangan dunia global yang ada saat ini, yang masih diwarnai dengan beberapa aksi teror yang berlangsung dibeberapa tempat dan aksi teror masih terjadi didalam negeri. Meskipun beberapa aksi teror dapat digagalkan dengan baik oleh aparat beserta elemen terkait lainnya.

Selanjutnya dalam amanatnya Kapolri, meminta Jajaran anggota untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan diri maupun satuan dalam melaksanakan tugas. Sehingga mampu merespon secara cepat dan tepat sejumlah gangguan Kamtibmas mulai dari kejahatan konvensional, konflik keagamaan dan gangguan lainnya.

“Mari tingkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan tugas. Sehingga, seluruh anggota mampu merespon secara cepat dan tepat setiap bentuk gangguan Kamtibmas yang terjadi Khususnya dalam menjaga dan mengamankan pelaksanaan ibadah natal 2016 dan perayaan pergantian tahun 2017,” tandasnya. *[Bp]

Berikut point – point pesan Kang Yoto dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Semeru 2016 ini :

  1. Meningkatkan kesiagaan dalam menjalankan tugas dan tetap waspada, sehingga keamanan bisa terwujud.
  2. Memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, dimanapun dan kapanpun.
  3. Menyiapkan sarana dan prasarana dengan baik, guna kesuksesan tugas.
  4. Melakukan tugas dengan baik dan tidak bertindak semena-mena.
  5. Personil harus bisa memberi rasa aman dan nyaman kepada masyarakat.
  6. Melakukan kegiatan proaktif dan antisipatif.
  7. Melakukan penegakan hukum dengan profesional dan proporsional.
  8. Meningkatkan kerja yang harmonis dengan seluruh instansi terkait.

LEAVE A REPLY