Inilah Kemeriahan Festival Belimbing Ke-3 Bojonegoro

501
Foto : Massa berebut gunungan buah belimbing dalam Festival Belimbing ke-3 Bojonegoro, di Desa Ngringinrejo, Kecamatan Kalitidu, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

Bengawanpost.com, Bojonegoro – Dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Bojonegoro (HJB) ke-339, Pemerintah Desa (Pemdes) Ngringinrejo, Kecamatan Kalitidu, Kabupaten Bojonegoro menggelar Festival Belimbing ke-3, Minggu (13/11/2016).

Festival yang diikuti 12 peserta terdiri dari petani belimbing Desa Ngringinrejo dan Desa Mojo ini, merupakan agenda tahunan serta berlangsung sangat meriah dengan rebutan gunungan buah belimbing juga kontes blimbing.

Hari Sulistiyadi selaku Dewan Juri Kontes Belimbing menjelaskan, Festival yang juga melombakan buah blimbing ini, bertujuan mendorong petani memiliki kemampuan untuk merawat kebunnya lebih baik lagi, sehingga produksinya meningkat.

“Lomba belimbing ini dinilai berat / ukuran, citarasa, warna, bentuk dan penampilan buahnya. Untuk belimbing yang bagus berbentuk sempurna  / bibirnya tidak berkelok namun lurus, bercita rasa segar dan manis serta warna cerah,” jelasnya.

Hari menambahkan bahwa, petani belimbing ada 104 orang dengan luasan mencapai lebih dari 20 hektar. Untuk pedagang belimbing mencapai ratusan orang, mulai yang berjualan di sentra agro, dan beberapa ruas jalan serta pasar.

“Keunggulan belimbing Ngringinrejo adalah awet / tak mudah layu, ukuran besar dan rasanya manis. Oleh karenanya, sejak 5 tahun ini belimbing Bojonegoro menunjukkan trend positif mulai dari tingkat kunjungan sampai banyaknya permintaan,” tambahnya.

Sementara itu dari 12 peserta lomba blimbing, berat terbesar 636 gram milik Juwanto yang menjadi juara I, disusul juara II Parlan dan juara III Priyo. 3 pemenang tersebut mendapatkan hadiah uang dan trophy kejuaraan.

Selain kontes belimbing, dalam kesempatan ini juga diadakan lomba kebersihan kebun. Adapun yanga menjadi juara I kebun bapak Satin, juara II kebun bapak Aji dan kebun bapak Saim juara III. *[Bp]

LEAVE A REPLY