HmI Unisda Lamongan Telah Diresmikan, Inilah Sejarahnya

610
Foto : Ketum HmI Cabang Tuban, Andik Nur Rohmat bersama Mas Aris (Perwakilan pendiri HmI Unisda Lamongan) dan lainnya, saat ucapkan selamat kepada Hanif Maulana, Ketum HmI Komisariat (p) Unisda Lamongan berserta Pengurus lainnya, Minggu (30/12/2019) pagi.

Bengawanpost.com, Lamongan – Prosesi pelantikan Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HmI) Cabang Tuban Komisariat (p) Universitas Islam Darul Ulum (Unisda) Lamongan berlangsung khidmat dan sangat meriah, di lantai 3 – Gedung Rektorat Unisda Lamongan, Minggu (06/01/2019) pagi.

Dalam prosesi pelantikan tersebut, semua Pengurus HmI Cabang Tuban Komisariat (p) Unisda Lamongan dipanggil satu persatu untuk maju dalam pembacaan naskah pelantikan, agar nantinya Pengurus tersebut dapat bertanggung jawab atas tugas yang telah diamanahkan kepadanya.

Prosesi pelantikan tersebut dipimpim Ketua Umum (Ketum) HmI Cabang Tuban, Andik Nur Rohmat, dan dihadiri 223 orang diantaranya Presidium Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Nasional, Viva Yoga Mauladi, M.Si., KAHMI Majelis Daerah (MD) Lamongan, HmI Cabang Tuban, HmI Komisariat Mbah Lamong dan HmI Komisariat (p) Unisda Lamongan, serta undangan lainnya.

Usai dilantik, Ketum HmI Komisariat (p) Unisda Lamongan, Hanif Maulana dalam sambutannya berterima kasih kepada semua fihak atas partisipasinya menyukseskan pelantikan ini. Selain itu, dirinya mengajak seluruh kader HmI Unisda untuk berprestasi dalam koridor perkaderan.

“Terima kepada semuanya semua fihak atas partisipasinya menyukseskan pelantikan ini. Saya mengajak seluruh kader HmI Unisda Lamongan harus  membawa nama baik HmI dengan mempelopori kemajuan dan berprestasi dilingkungannya,” ajak Hanif Maulana.

Selanjutnya, Ketum HMI Cabang Tuban, Andik Nur Rohmat dalam sambutannya berharap kepada seluruh kader HmI Lamongan dalam memasuki tahun politik saat ini untuk tetap menjaga Independesinya, sehingga proses perkaderannya bisa berjalan secara sistematis seusai dengan perencanaannya.

“Ingat, kader HmI itu adalah kader Ummat sekaligus kader Bangsa yang bersifat independen. Karenanya, tetaplah independen dan cerdas dalam menghadapi tahun politik ini, agar perkaderan HmI di Lamongan bisa berjalan sesuai harapan bersama,” pinta Andik Nur Rohmat.

Foto : Mas Aris (Perwakilan pendiri HmI Unisda Lamongan), saat sambutan pelantikan Pengurus HmI Komisariat (p) Unisda Lamongan, di Gedung Rektorat Unisda, Minggu (30/12/2019) pagi.

Masih dalam kesempatan ini, M. Aris Effendi (Mas Aris) selaku perwakilan pendiri HmI Unisda Lamongan bersyukur kepada Allah S.W.T dan berterima kasih kepada semua fihak atas partisipasinya mewujudkan HmI Komisariat (p) Unisda Lamongan.

“Alhamdulillah, terima kasih kepada semuanya yang telah membantu adanya HmI Komisariat (p) Unisda Lamongan ini,” ungkap mantan Ketum HmI Komisariat Mbah Lamong ini, selaku Komisariat Induk HmI Unisda Lamongan.

Dijelaskannya, bahwa sejarah HmI di Unisda sebelum disyahkan menjadi Komisariat (p) itu melalui perjuangan yang panjang dan penuh pengorbanan. Dimana HmI di Unisda sendiri awalnya ada sejak tahun 2010 yang salah satu anggotanya bernama Azam Bukhori, namun HmI saat itu hanya ada kurang dari 10 anggota hingga vacum sampai tahun 2014 mulai punya 1 kader lagi bernama Aris saya ini.

Dijelaskan pula, sejak dirinya masuk HmI tahun 2014, HmI di Unisda pelan tapi pasti mulai berkembang terbukti sampai tahun 2016 sudah ada lebih dari 25 anggota, yang mana sudah bisa mengajukan pendirian komisariat persiapan. Tapi pengajuan pendirian Komisariat tidaklah mudah, hingga proses disyahkannya HmI Komisariat (p) Unisda pada 10 November 2018 dengan jumlah total sudah lebih dari 50 anggota.

“Pendirian HmI Komisariat (p) Unisda Lamongan ini sudah melewati 3 generasi. Yakni mulai dirintis oleh Kanda Bukhori bersama 10 anggota sejak tahun 2010 sampai vacum, dan dilanjutkan oleh saya sebagai generasi kedua sejak tahun 2014 sampai tahun 2016 menjadi 25 anggota hingga punya 50 anggota pada 10 November 2018, dan kemudian masuk generasi ketiga dibawah kepemimpinan Hanif Maulana yang baru dilantik ini,” jelasnya.

Lebih lanjut Mas Aris berharap, sejarah panjang perjuangan pendirian dan pengesyahan HmI Komisariat (p) Unisda Lamongan tersebut bisa diambil hikmahnya oleh seluruh kader HmI Unisda Lamongan dalam menjalani proses perkaderannya di HmI.

“Lahirnya HmI Komisariat (p) Unisda Lamongan ini butuh sebuah perjuangan yang panjang, tapi itulah perjuangan tetap harus sabar. Dan kepada Pengurus yang baru dilantik, semoga amanah serta melanjutkan perjuangan bersama lainnya dengan agenda utamanya menjadikan Komisariat Penuh, serta pendirian 1 Komisariat lagi agar menjadi HmI Cabang Lamongan,” harap Mas Aris.

Foto : Koorpres KAHMI MD Lamongan, Ir. mufid Dahlan, saat sambutan pelantikan Pengurus HmI Komisariat (p) Unisda Lamongan, di Gedung Rektorat Unisda, Minggu (30/12/2019) pagi.

Sementara itu, Ir. Muhfid Dahlan, selaku Koordinator Presidium (Koorpres) Kahmi MD Lamongan mengucapkan selamat dan sukses atas dilantiknya Pengurus HmI Komisariat (p) Unisda Lamongan. Selain itu, dirinya berharap adik-adik HmI Lamongan tetap menjalankan organisasi dengan baik, dan KAHMI Lamongan akan selalu mendukung setiap kegiatan HmI Lamongan.

“Selamat atas pelantikan Pengurus HmI Komisariat (p) Unisda Lamongan. Jalankan organisasi dengan baik, dan KAHMI mendukung kegiatan HmI Lamongan. Selain itu, kalian harus rajin belajar, karena kesuksesanmu kelak merupakan hasil dari apa yang dilakukan saat ini,” pesan Koorpres KAHMI Lamongan, Ir. Muhfid Dahlan.

Penting diketahui. Usai pelantikan dan sambutan – sambutan, acara dilanjutkan dengan Seminar Nasional bertema “Peran Generasi Muda Dalam Mewujudkan Keadilan Sosial dan Keadilan Ekonomi”, yang menghadirkan pemateri Dr. Deddy Nordiawan (Dosen UI), Dr. Nisaul Barokati Selirowengi, Nurendra Bagas Prakoso (Pengusaha Muda). *[Ris / Bp]

data bojonegoro

LEAVE A REPLY