Galeri Dekranasda Untuk Kemajuan Industri Kreatif Bojonegoro

174
Foto : Ketua Dekranasda Kabupaten Bojonegoro, Hj. Dra. Mahfudoh Suyoto (Pegang Kain Batik) saat kunjungi salah satu outlet kerajinan batik, di Gedung UPT Pusat Pengembangan Industri Kreatif Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur yang baru diresmikannya, Minggu (30/07/2017) siang.

Bengawanpost.com, Bojonegoro – Minggu (30/07/2017) siang, Ketua Dewan Kerajian Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Bojonegoro, Hj. Dra. Mahfudoh Suyoto meresmikan Gedung Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Pengembangan Industri Kreatif.

Gedung yang terletak di Jalan Veteran Bojonegoro, Jawa Timur ini mempunyai ruang cukup luas dengan fasilitas yang memadai. Diantaranya Galeri Dekranasda, Aula, Ruang Pamer, Mushola, dan fasilitas lainnya sebagai penunjang kemajuan industri kreatif di Bojonegoro.

“Semoga gedung ini, khususnya Galeri Dekranasda dapat menjadi wadah bagi pengrajin atau pengusaha industri kreatif di Bojonegoro untuk menampilkan produk-produknya. Karenanya kita sangat senang, apabila ada yang melihat dan membeli produk-produk kita,” ujar Ketua Panitia, Martini Suwarsa.

Martini Suwarsa menambahkan, berkat kerjasama Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Bojonegoro, maka acara ini dirangkai dengan Bojonegoro Nature Fashion Week (BNFW) 2017, yang didalamnya terdapat acara pemilihan Duta Suara dan pemilihan Duta Batik Bojonegoro.

“Guna memajukan industri kreatif Bojonegoro, dalam acara ini digelar juga BNFW 2017 untuk pemilihan duta suara yang diikuti 170 peserta, dan pemilihan duta batik yang diikuti 110 peserta. Selanjutnya dipilih 2 duta suara dan 15 model duta batik untuk ditampilkan pada Grand final Duta Pariwisata Bojonegoro atau Kange Yune tanggal 3 Agustus 2017,” tambah Martini Suwarsa.

Masih dalam kesempatan ini, Ketua Dekranasda Kabupaten Bojonegoro, Hj. Dra. Mahfudoh Suyoto dalam sambutannya menyampaikan, bahwa kegiatan ini jangan hanya sebagai pilot project saja, tapi juga ada kelanjutan. Karena ini adalah salah satu cara Bojonegoro untuk membangun masyarakatnya, mendorong masyarakatnya untuk terus maju.

“Kita sudah memberikan fasilitas bagi pengrajin untuk dapat memamerkan produk mereka. Tinggal  mereka mau menggali potensi mereka atau tidak, karena kesuksesan tidak dibangun dengan instan. Kesuksesan itu butuh melalui proses yang panjang, jadi gagal boleh asal jangan pernah putus asa,” pesan Hj. Dra. Mahfudoh Suyoto.

Lebih lanjut Hj. Dra. Mahfudoh Suyoto menyampaikan, bahwa dirinya menyambut baik BNFW yang akan mencari mutiara-mutiara terpendam di Bojonegoro ini. Dan dengan kegiatan ini, diharapkan dapat menemukan potensi-potensi baru untuk adik-adik kita ini.

Sementara itu, dalam peresmian ini terasa istimewa dengan dihadirkannya artis-artis Ibukota. Selain menyanyi Micky Afi juga didaulat sebagai MC, adapula Ilham Idol menghibur dengan suara khasnya serta Tutik Golden memories yang mampu hidupkan suasana siang itu. *[Bp]

LEAVE A REPLY