Eksistensi Olahraga Sepatu Roda 8wheels

997

bengawanpost.com, Bojonegoro – Bojonegoro sekarang booming skate atau olahraga sepatu roda, itu bisa kita jumpai saat komunitasnya latihan di Carfreeday hari minggu pagi di kawasan Alun-alun Kota Ledre. Bojonegoro sendiri terdapat beberapa komunitas olahraga sepatu roda yakni Klub FSB, BSC dan 8Wheels. Untuk 8wheels paling dikenal dengan style Slalomnya. Slalom ialah suatu style dalam permainan sepatu roda yang notabene adalah style yang paling sulit dalam permainan sepatu roda.

8wheels berdiri pada 23 September 2015 dan diketuai Tawan serta anggotanya berjumlah 60 orang dari berbagai kalangan, mulai anak-anak sampai orang dewasa. “Tujuan kami mendirikan 8wheels agar memiliki generasi penerus, khususnya anggota dari anak anak maupun usia remaja,” ungkap Tawan saat ditemui kami pada Minggu malam (27/03/2016), di basecampnya Jalan Prajurit Abu, Kelurahan Klangon, Kecamatan/Kabupaten Bojonegoro.

8wheels punya jadwal latihan rutin selain hari minggu pagi di carfreeday, juga setiap selasa dan jum’at sore di alun alun dan lapangan futsal Polres Bojonegoro. Untuk permainan olahraga sepatu roda terdiri beberapa tipe, yaitu tipe Speed/kecepatan, urban, Agressive/freestyle dan Slalom. Lalu ada 70 latihan dasar sampai bisa mahir, latihan dasar itu meliputi twister, fish, cross, snake, mabrouk, nelson, dan sebagainya. Sedang harga sepasang sepatu roda, mulai harga Rp.300.000 – Rp.3 juta keatas.

Olahraga sepatu roda ini diciptakan tahun 1763 oleh Joseph Marlin seorang penggemar ice skating dari negeri Belanda, dan Tahun 1924 berdirilah organisasi sepatu roda Internasional dengan nama Federasi Internationale de Roller Skating (FIRS), untuk Indonesia sendiri membentuk Perserosi Pada tahun 1981. Hal itu yang menginspirasi 8wheels, “Kami ingin membentuk suatu himpunan komunitas olahraga sepatu roda di Bojonegoro dengan tujuan agar sesama komunitas bisa saling sharing dan sekedar info rencananya tiga bulan kedepan, 8wheels akan ikut kontes di Yogjakarta,” pungkas Tawan. [Team]

LEAVE A REPLY