Ekowisata Solusi Kelestarian Hutan dan Kesejahteraan

555
Foto : Diskusi LMDH dilingkup KPH Mojokerto dengan Investor

Bengawanpost.com, Mojokerto – Untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat desa sekitar hutan, maka Perum Perhutani mengadakan pembinaaan penguatan implementasi Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat (PHBM), di kantor Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Mojokerto, Jawa Timur, Kamis (25/08/2016).

Pembinaan selain dihadiri perwakilan Lembaga Masyarakat Desa hutan (LMDH) dilingkup KPH Mojokerto, yakni Kabupaten Lamongan, Jombang dan Mojokerto. Juga dihadiri beberapa investor diantaranya, PT. K link, PT. Agro Laras, dan lain-lain.

Administratur Perhutani KPH Mojokerto, Agus Sarwedi saat pembinaan menyatakan bahwa, banyak daerah-daerah hutan yang telah berhasil mengelolah hutannya dengan system ekowisata. Karena dengan Ekowisata selain hutannya Lestari, masyarakatnya juga sejahtera.

“Untuk bisa mewujudkan keberhasilan pengolahan hutan di daerah kita, seperti daerah lainnya. Maka kami mengajak teman-teman LMDH kelola hutan dengan inovasi-inovasi seperti system ekowisata. Caranya dengan memasukan keterlibatan para investor,” ujarnya.

Sementara itu, KSS PHBM KPH Mojokerto, Tukani memaparkan kegiatan masyarakat sekitar hutan di 3 Kabupaten lingkup KPH Mojokerto. Kegiatan tersebut diantaranya penanaman jagung di area tanaman kayu putih. Akhirnya salah satu investor dari PT. Agro Selaras tertarik, dan siap mengikuti aturan kerjasamanya dalam hal peningkatan produktivitas. [Mu/Id]

LEAVE A REPLY