Deklarasikan Wajib Belajar 14 Tahun, Kang Yoto Ajak Anak Putus Sekolah Kembali Bersekolah

306
Foto : Bupati Bojonegoro, Kang Yoto selaku Irup didampingi Muspimda diantaranya Dandim 0813 Bojonegoro, Letkol Inf M. Herry Subagyo, Kapolres Bojonegoro AKBP Wahyu S. Bintoro, Kepala Kejaksaan Negeri Bojonegoro, Muhaji, Wabup Setyo Hartono, Ketua DPRD Bojonegoro, Hj. Mitro’atin dalam Upacara Peringatan Hardiknas, Selasa (02/05/2017).

Bengawanpost.com, Bojonegoro – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro menggelar peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2017, di Stadion Letjen H. Soedirman, Bojonegoro, Jawa Timur, Selasa (02/4).

Kegiatan yang diikuti ribuan peserta termasuk 2020 anak putus sekolah di Kabupaten Bojonegoro ini, bertema “Percepat Pendidikan Yang Merata dan Berkualitas”, dan Otonomi Daerah (Otoda) ke- XXI untuk menandai pencanangan deklarasi wajib belajar 14 tahun.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Bupati Bojonegoro, Kang Yoto mengatakan, dari 52 ribu anak usia sekolah di Kabupaten Bojonegoro, ada 8000 anak yang putus sekolah, hal ini sebabkan berbagai factor, diantaranya memilih bekerja membantu meringankan beban hidup kedua orang tua ataupun karena pilihan menikah di usia dini.

“Upacara ini digelar dengan mengundang juga ribuan warga putus sekolah yang tersebar di 28 Kecamatan di Bojonegoro yang didampingi oleh Kepala Desa dan Camat di masing-masing wilayahnya. Karena Pemkab mengharapkan dengan kehadiran mereka ini dapat termotivasi untuk sekolah kembali,” harap Bupati Bojonegoro, Kang Yoto.

Kang Yoto menjelaskan, Pemkab Bojonegoro telah memberikan ruang seluas-luasnya, agar mereka yang putus sekolah bisa kembali ke sekolah untuk mengenyam pendidikan yang layak. Karenanya, saat itu di Bojonegoro dideklarasikan wajib belajar 14 tahun.

“Deklarasi wajib belajar 14 tahun pada  upacara Hardiknas ini, untuk menegaskan bahwa wajib belajar di Bojonegoro tidak lagi 12 tahun, tetapi menjadi 14 tahun. Untuk itu, mohon semua fihak dapat bersinergis dalam mewujudkan wajib belajar 14 tahun ini,” pintanya.

Sementara itu, dalam upacara ini tampak dihadiri Forpimda Kabupaten Bojonegoro, diantaranya Dandim 0813 Bojonegoro, Letkol Inf M. Herry Subagyo, Kapolres Bojonegoro AKBP Wahyu S. Bintoro, Kepala Kejaksaan Negeri Bojonegoro, Muhaji, Wabup Setyo Hartono, Ketua DPRD Bojonegoro, Hj. Mitro’atin, serta tamu undangan lainnya. *[Bp]

LEAVE A REPLY